Seringkali apabila kita ingin bepergian, kendala utamanya adalah harga tiket yang mahal. Ada beberapa kita untuk mendapatkan tiket murah.
Nah berikut adalah kiat-kiat berdasarkan pengalaman aku :
1. Pesanlah tiket pada Selasa malam … Menurut beberapa teman traveller, penawaran harga biasanya diposting terendah pada hari ini oleh berbagai airlines, entah mengapa. Cobalah cross check pada penerbangan LCC berikut airasia, tiger, jetstar, citilink pada rute2 yang sama, di Selasa itu. Kita bisa menggunakan www.Traveloka.com, www.tiket.com, www.skyscanner.com
2. Jika memesan tiket online pada hari lain, pesanlah tiket sekitar jam 2-5 malam. Biasanya harga berubah lebih murah. Jangan memesan di akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu). Harga ke satu tempat yang sama bisa melonjak berbeda jauh jika diorder di hari-hari tersebut.
3. Jika di situs seperti tiket.com dan traveloka.com tiketnya habis, coba kontak langsung ke airlinenya via phone, jangan lewat internet. Seringkali aku mendapat tiket Lion air dengan menghubungi mereka langsung, padahal di webnya tidak tersedia lagi.
4. Kalau perlu tiket beberapa orang (maksimal 4 orang), cobalah order terpisah lewat telepon ke call center airlines, biasanya lebih mudah mendapat tiket buat perorangan dibanding rombongan.
5. Jangan pergi dadakan, jangan order dan pergi pada saat peak season, jangan terpaku hanya satu airlines. Pembelian yang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan biasanya harga tiket sudah berubah lebih mahal. Rute yang sama mungkin dilayani airlines lain yang sedang menawarkan promosi. Perjalanan jarak bisa berbeda banyak. Tapi lihat juga apakah ada waktu transit yang membuang waktu tidak ? Misalnya Jakarta Tokyo via Garuda memakan waktu 7 jam. SQ menawarkan harga lebih murah 1 juta, tapi memaksa kita untuk menunggu pesawat transit di Singapore lumayan lama, yang ada duit kita habis duluan gelap mata berbelanja di Changi 😜😜😜
6. Hindari bepergian di waktu liburan di negara2 tujuan. Tiap negara memiliki waktu liburan sendiri. Kalau kita menuju satu negara, lihatlah jadwal kita apakah jatuh bersamaan dengan jadwal liburan mereka. Kalau ya lebih baik batalkan. Penerbangan, penginapan dan transportasi antar kota akan sangat sulit karena semua mendadak padat dan harga-harga naik banyak (terutama hotel). Bayangkan hal yang sama seperti saat kita Lebaran. Jangan bepergian di China atau negara lain yang sedang merayakan imlek. Waduh itu arus pulang kampung sama dengan dari Jakarta saat mau lebaran.
7. Kombinasikan pembelian tiket dengan penukaran / redeem mileages anda. Pasti jauh lebih murah. Jakarta Jogya return dengan mileages Garuda aku mendapatkan Rp. 100.000,- , Jakarta Bali hanya membayar Rp. 250.000,- Jakarta Bangkok berkisar hanya Rp. 1.700.000,- (plus minus tergantung kurs)
Jakarta Hongkong dengan Asiamiles hanya membayar Rp. 900.000,- (plus minus ya tergantung dengan kurs). Pembelian tiket 3 orang Jakarta Tokyo plus dengan hotelnya selama 10 hari menggunakan Citi Premier, waktu pulang aku redeem dapat ke Jakarta Singapore dan hanya membayar Rp. 1.3 sekian dengan menggunakan Krisflyer. Hehehe. Jakarta Singapore Frankfurt New York return hanya membayar sekitar 8.9 juta all dengan menggunakan Kris Flyer. Nah bedanya banyak banget kan.
8. Jaman berubah cepat, demikian juga jadwal kita. Kini lebih mudah untuk menentukan kapan berlibur dengan adanya jadwal cuti bersama dan liburan lainnya di bulan November / Desember. Jika sudah tahu kapan ada hari libur bookinglah 6 bulan – 1 tahun sebelumnya. Harga akan drop drastis dibanding jika kita membelinya 1 bulan sebelum keberangkatan.
9. Travel exhibition mempunyai jadwalnya sendiri. Simpanlah uang teman-teman untuk membeli tiket saat Travel Fair. Garuda, Cathay, Singapore Airlines dan penerbangan lainnya biasanya membuka Booth pada bulan ini Maret dan September. Jadi tandai di kalendar itu untuk berburu tiket murah. Jangan tergiur setiap travel exhibition didatangi… Hehehe buang waktu. Datanglah yang benar-benar besar saja. Banyak yang hanya merupakan gimmick marketing travel biro saja.
10. Lebih baik jika punya rencana 5 tahunan akan pergi kemana. Tandai di Agenda anda kapan akan berangkat. Lalu tariklah 9-6 bulan sebelumnya untuk pemesanan tiket. Paling gampang masukkan di kalendar smartphone teman-teman.
Nah selamat merencanakan liburan dengan tiket murah… Jangan lupa pembelian dengan kartu kredit yang sudah saya bahas di artikel lain, akan lebih menguntungkan.