Nah kalau yang belum punya kartu kredit atau sudah punya kartu kredit coba simak artikel ini. Tidak semua kartu kredit itu memberikan keuntungan untuk perjalanan. Jadi hati-hati membuka kartu kredit jangan asal punya ya.

Kartu kredit dan traveller itu istilahnya paduan antara cinta dan benci loh. Iya … Cinta – senang banget gesek sana sini, bisa beli tiket dah didiskon 50 persen lalu cicil pula 0 persen 3-6 bulan. Belum lagi kalau di luar negeri wah makin seru … Semua tinggal digesek. Benci ? Ya kalau billing tagihan datang, haha nah tuh belanjaan lah kok banyak ya … Apalagi ibu-ibu, sebetulnya asik tuh jadi ibu-ibu, yang dijegrek sepatu, keluar laporan ke suaminya : itu harga sembako naek ni pah, jadi itu tagihan naek juga. Hahahaha. Kalau ketauan, sepatunya ditaruh di dapur aje buat monumen, eh sembako berwujud sepatu.

Dari sekian puluh bank di Indonesia yang menawarkan kartu kredit, hanya 3 yang direkomendasikan oleh aku buat teman-teman yang suka bepergian. Apalagi jaman sekarang traveling itu mudah sekali, dan kayanya semua orang tiba-tiba jadi traveler. Ada yang kagetan juga kaya OKB, ada juga yang diam-diam saja.

Tidak semua kartu memberikan fasilitas yang sama. Bagi kebanyakan orang kartu yang dimiliki adalah Silver, Gold, Platinum, Titatium. Kagak ada hubungannya sama bahan logam, wong semuanya plastik kok. Di luar itu ada kartu Infinite bagi yang punya account di bank jutaan dollar. Kalau ini mah nggak udah dibahas ya. Hehehe.

Jika anda niat untuk sering jalan-jalan gratis atau sangat-sangat murah nah ini patokannya untuk memiliki kartu
1. Jangan pernah apply kartu Silver, Gold. Kalau belum ada gaji cukup untuk kartu kredit, lalu ditawari Silver atau Gold jangan buka ya. Percuma, sudah limitnya kecil, point hasil belanja nggak bisa dipakai buat tuker tiket pesawat. Lalu masih dibebani bayar iuran yang lumayan. Gaya punya kartu kredit ? Lupakan… Mendingan punya duit cash di bank nggak bunyi daripada kartu kredit. Tunggu ampe banyak nah baru apply kartu krdit dijamin lolos dan dikasih yang kita mau.

2. Kartu jenis Platinum ok, hanya tidak semua bank menawarkan platinum yang berguna bagi perjalanan. Kalau mau bersabar hindari juga pemilikan kartu ini. Lah kok nggak boleh punya ? Iya selain biaya tahunannya mahal, jarang sekali kartu Platinum yang bisa memberikan fasilitas tuker point untuk tiket pesawat. Kalaupun ada, kita harus berbelanja gila-gilaan untuk mendapatkan satu point mileages.

Contoh BNI Garuda Platinum memberikan hanya satu point mileages di Garuda atau Singapore Airlines, setiap kita berbelanja Rp. 25.000-30.000. Gila, kapan berangkatnya kalau begitu. Bank lain bervariasi ada yang harus tukar setiap Rp. 15.000-30.000 untuk tuker 1 point mileages. Jadi cek kembali ya dompet anda, yang sudah punya kartu, cek juga kartu apa saja ada di dompet anda.

3. Kartu Signature di atas platinum fasilitasnya, cocok jika anda seorang traveller. Tapi kadang limitnya podo wae, idem dito dengan platinum. Cuma namanya aja gaya Signature. Keterbatasannya adalah uang iurannya yang bisa mencapai 1 jutaan / tahun. Jenis kartu inilah yang akan saya bahas di artikel ini. baca juga panduan Enam Tips Memilih Kartu Kredit Traveler

Dari sekian kali pindah-pindah bank mencoba berbagai kartu (25 bank dicoba semua buka kartunya … Hehehe .. Jangan diikuti ya … Itupun biasanya aku bergantian bukanya, bukan sekaligus 20 punya) akhirnya kutemukan the most fabulous cards.

Nah ketiga kartu juara itu adalah :
1. Citibank Premier Signature Card
2. BCA Singapore Airlines Signature Card
2. ANZ Travel Signature Card
Mau tahu kenapa oce banget. Kira-kira ini jawabannya
:
1. Citibank Premier Signature Card.
Citibank Premier Signature Card menawarkan banyak keuntungan bagi traveler. Selain dari kemudahan seluruhnya (layanan mobile apps, phone banking cust service, kemudahan penukaran point dan akses puluhan penerbangan internasional) juga diterima dimanapun, transaksi apapun. Iya setiap kali kita belanja hampir apapun di Indonesia setiap Rp. 8.750 kita akan mendapatkan 1 mileages point.
Jitka kita berbelanja di luar negri maka setiap Rp. 5.000 kita mendapat 1 point mileages.

JANGAN apply kartu lainnya dari Citibank seperti Citi Garuda, Citi CashBack, Citi Platinum dll. Lupakan ! Rugiiiiiiiiii…. Anda harus berbelanja lebih banyak untuk menukarkannya jadi 1 point mileage. Yang sudah pakai kartu-kartu Citibank di atas, segera telpon Customer Servicenya untuk segera menukar kartu anda menjadi Citi Premier. Boleh banget kok. Telepon deh. Kenapa Citi Garuda nggak ok ? Lah cuma bisa ditukar sama Garuda saja, kalau mau pakai pesawat lain ya nggak bisa ditukar pointnya. Ngerti kan? Jadi lupakan tuh Citi Garuda, tukar saja sama Citi Premier. Dengan Premier teman bisa menukarkan ke Singapore Airlines, Thai Airways, Asiamiles, Delta untuk perjalanan di Amrik dan lainnya. Punya Citi Gold ? Duh wasalam, anda harus belanja 2-3x lipat untuk mendapatkan point yang sama dibanding dengan punya Premier. Jadi lebih baik segera tukar. Anda dapat point lebih cepat dan bisa cepat berangkat jalan-jalan sama aku. Hehehe.

Ini kartu adalah kartu favorite saya. Bisa digunakan nyaris di seluruh belahan dunia, mudah sekali melihat jumlah miles kita, dan mudah juga menukarkannya. Semuanya lewat apps saja. Kalau kartu hilang, penggantiannya cepat sekali dikirim, tidak bertele-tele dan dalam 2-3 hari sudah diterima. Customer servicenya IQnya juara. Ngomong satu dua kali langsung ngarti, nggak udah pake ngotot. Soalnya pernah di BCA dan BNI jejeritan sampe serak suara customer service lambreta sekali mengerti apa yang kita tanya.

Paling tricky adalah perhitungan miles BNI, suka-suka mereka aja dan kalau ditanya berbelit-belit. Bagi orang yang sadar point kaya aku, wah ruginya banyak bisa puluhan ribu point perbedaannya. Daripada capek argumentasi nggak jelas, lebih baik aku pindahkan semua perbelanjaan pakai Citi Premier kan. Puas banget. Sampai saat ini aku bilang ini kartu kredit juara. Dari kartu ini setiap tahun saya bisa keliling berbagai negara dengan biaya terjangkau bukan sekali tapi bisa 3-4x setahun. Nah asik kan.

Ngomong-ngomong si Frequent flyers inilah pilihan aku ya, mungkin selera yang lain tidak sama, tapi untuk diriku sementara ini sesuai kebutuhanku 3 Top Frequent Flyers Untuk Traveler Indonesia

2. Nah berikutnya BCA Singapore Airlines Signature Card.
Kalau anda punya rekening BCA sejuta umat itu dan saldo anda di atas 100 juta (untuk amannya, tergantung bank sih) apply saja langsung kartu ini, dengan syarat anda juga sudah jadi member Kris Flyer (keanggotaan Singapore Airlines).

Nggak usah naik SQ dulu untuk jadi membernya. Buka website www.singaporeair.com lalu daftarkan diri anda online untuk mendapat nomor keanggotaan SQ, lalu applylah kartu BCA SQ. Maka nomor keanggotaan anda di SQ akan dilink langsung dengan kartu ini.

Kartu ini khusus untuk tukar point naik SQ ya … Dan sekarang kalau tidak salah bisa juga Tiger air. Cek di web SQ ya.

Manfaatnya aje gile dah … Kadang unbelievable. Kalau Citi Premier lebih banyak untuk mengumpulkan point, kalau ini buat nyicil tiket khusus SQ. Heh nyicil tiket ? Hehehe … Iya tuh gila dah … Jadi SQ akan regular mengadakan travel fair biasanya di bulan Maret dan juga September. Siap-siap deh jegrek trilili kiri kanan borong tiket.

Tiket bisa dipotong 50 persen, dapat cashback jutaan, plus boleh cicil 3-6 bulan ZERO PERSENNNN … Itu hebatnya pembelian kita dengan kartu ini masih dapet point mileages lagi buat si SQnya. Kalau pembelanjaan sehari-hari agak rugi menggunakan BCA SQ dibanding si Citi Premier. Setiap Rp. 10.750 hanya baru dapat satu miles SQ Krisflyer.

Nah wajib punya kan ? BNI Garuda, Citi Garuda lewat semua, ganti saja pakai kartu BCA atau si Citi Premier ini. Kenapa… ??? Karena perhitungan mileagesnya. BNI Garuda dan Citi Garuda hanya ditukar dengan Garuda saja pastinya, dan rutenya terbatas. Kalau SQ wah kemana mana deh. Kalau untuk cara cepat mengumpulkan point disini tempatnya

Sayangnya customer servicenya nggak mendukung … Kadang-kadang berbelit dan nggak ngerti yang kita tanya. Entah bagaimana sistem rekrutmennya. Hehehe. Nanya transaksi saja bisa 20-30 menit loh kalau nelepon card centernya. Kalau tahan dengan mereka, yak boleh buka deh kartu itu. Hehhe.

3. ANZ Travel Signature Card.
ANZ Travel Signature, awas jangan salah ya pilihlah TRAVEL SIGNATURE, JANGAN TRAVEL PLATINUM, mirip tapi beda fasilitas. Jangan mau kalau tiba-tiba dikirimin Platinumnya, nggak guna. Anda hanya terjebak berbelanja lebih banyak untuk point mileages.

Seharusnya kartu ini juara pertama dari semua kartu, bayangkan setiap Rp. 8.000 bisa tukar 1 miles. Oce banget kan. Sayangnya, dasar di Indonesia, layanannya kedodoran banget (menurut aku pribadi loh ya …)

Satu dari segi pengiriman kartu, wah kalau belum ditanya bolak balik di telepon 3x belum datang itu kartu. Kedua Customer Servicenya … Waduh 20-30 menit pelayanan plus nada tunggu, bisa tuh hanya nanya transaksi. Ampun dah. Ketiga apps di mobile sangat libet, nggak user friendly. Kudu verifikasi kiri kanan. Keempat penukaran point, kalau lewat phone maka kita dikenai biaya 15.000. Waduh rugi ya …

Jadi dengan sangat menyesal kartu ini ditaruhlah sementara di ranking 3 yaks. Harusnya kalau ANZ responsif, Citibank kalah tuh.

Nah teman2, lupakan tumpukan kartu anda koleksi segunung dari berbagai bank, nggak kepake juga dah, cuma menuhin dompet …. Mendingan kalau mau pakai satu kartu Citi Premier cukup … Nah tumpuk semua perbelanjaan teman disana dan setiap 2-3 bulan tukarkan dengan mileages.

Tambahan terbaru :
Stanchart World menawarkan 1 mileages dengan Rp.7.500,- dan pemakaian di luar negeri sebesar Rp. 3.750,- untuk 1 mileagesnya. Wah rasanya ini asik sekali. bisa lebih cepat mengumpulkan point. Tapi sekali lagi perhatikan berbagai kriteria lainnya. Kalau ingin tahu bisa membaca panduan penukaran point mileages dari berbagai kartu di Indonesia.

Mau tahu perbandingan lengkap masing-masing kartu ? Disini tempatnya

Selamat berburu kartu kredit.

 

photo via 1, 2, 3 ,4

citi premiermiles card
bca-sq
ANZ travel signature