Teman … Yang suka jalan jalan … Sebagian mungkin sudah punya frequent flyers, terutama Garuda. Aku coba bahas ya 2 lainnya selain Garuda.
Buat yang belum tahu, Frequent Flyers adalah kartu keanggotaan dari suatu penerbangan tertentu, sehingga apabila kita sering menggunakan airlines tersebut pada saat bepergian, kita akan mengumpulkan banyak point. Point tersebut bisa kita tukarkan dengan tiket gratis (sebetulnya nggak gratis-gratis amat, kita hanya membayar airport tax dan juga admin / fuel) yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket dengan harga penuh. Nah asik kan ?

Masalahnya tidak banyak orang yang wira-wiri dengan pesawat yang sama dalam setahun. Apalagi dibagi pula membership tersebut dengan berbagai tingkatan : silver, gold, platinum dan lifetime. Tiap tingkatan memiliki persyaratan minimal berapa puluh kali terbang. Waduh nah ini dia tuh siapa pula mau apply. Hehehe. Boro-boro terbang berkali-kali, kan maunya tiket murah jahe pan? (Jalan-jalan hemat). Tenang… Apply saja,tapi sebagai ganti kita terbang berkali-kali kita cukup menghubungkan frequent flyers tersebut dengan kartu kredit kita. Point dari kartu kredit kitalah yang kita tukar menjadi miles. Jadi tidak usah naik pesawat cukup belanja harian saja. Asik kan

Ada begitu banyak Frequent Flyers membership di seluruh dunia, namun untuk kita orang Indonesia hanya sedikit yang memberikan keuntungan penuh bagi kita. Aku memilih tiga yang paling menguntungkan untuk berjalan-jalan

3 pilihanku adalah disusun berdasarkan ranking akses ke berbagai negara, kemudahan menukar point, dan keuntungan lainnya
Yaitu :

1. SQ Kris Flyers
Kris Flyers adalah favorite saya. Dikeluarkan oleh Singapore Airlines dan bisa digunakan di berbagai penerbangan di seluruh dunia, bukan hanya di Singapore Airlines saja. Untuk keterangan lengkapnya bukalah http://www.singaporeair.com/krisflyer

Faktor Plus : banyak penerbangan Singapore Airlines dan teman2nya tersedia ke semua arah seluruh dunia. The best : Eropa, Asia, Amerika. Penukaran redeem melalui web mendapatkan diskon potongan yang cukup besar, sehingga kita bisa berhemat banyak … Contoh Jakarta Singapore pp memerlukan 30.000 point, namun jika lewat web maka kita hanya memerlukan 12.750 point saja … Nah asik kan … Tax yang harus dibayar adalah sekitar USD 106.

Faktor Minus : airport tax ,fuel surcharge dan tax cukup besar. Namun perlu diingat SQ adalah penerbangan bintang lima dengan fasilitas yang ok, jangan dibandingkan dengan AirAsia misalnya. Tidak bisa digunakan untuk keliling Indonesia

Cara redeem : menukarkan point sangat mudah bisa langsung di websitenya …
Yang menarik adalah kita bisa mengumpulkan point kita untuk mendapatkan tiket Round The World Ticket (Tiket Gratis* keliling dunia) : Ekonomi 180.000 point, Business 240.000 point, First Class 360.000 point. Point expired dalam 3 tahun. Point dikumpulkan dsri bebagai sumber bukan hanya penerbangan, seperti dari langganan koran, menginap di hotel, memakai kartu kredit, menyewa mobil dan lainnya.

* gratis – nggak gratis juga deh kan harus bayar taxnya. Tapi dibanding bayar full kan ya jauh lebih mendingan.

2. Asia Miles
Kenal sana sini dengan sesama traveler, menemukan keanggotaan yang tak kalah menarik dengan Krisflyer.

Jika anda senang berkelana dan berbelanja di Asia seperti Hong Kong, Beijing dan sekitarnya maka Asia Miles adalah pilihan yang tepat. Asia Miles adalah didukung oleh Cathay Pacific dan Dragon Air. Bukalah www.asiamiles.com untuk mendaftar keanggotaan anda.

Dengan hanya 30.000 point kita sudah bisa mendapatkan tiket pp Jakarta Hong Kong. Tax yang dibayar hanya berkisar di bawah 1 juta rupiah.

Faktor Plus : banyak penerbangan tersedia terutama untuk wilayah Asia, Amerika dan selanjutnya Eropa. Pengumpulan point keliling dunia lebih cepat. Hanya dengan 160.000 point kita sudah bisa mendapatkan tiket keliling dunia.

Faktor Minus : pilihan penerbangan lebih terbatas dibandingkan KF. Tidak bisa digunakan untuk keliling Indonesia.

3. Garuda Frequent Flyers
Pertama kali punya FFadalah ini. Wah senang sekali rasanya. Gaya pula. Hahahaa. Lama-lama setelah punya yang dua di atas ternyata GFF adalah FF yang termahal.

Faktor Plus dan minus : Berguna hanya untuk beberapa rute di Indonesia. Terbatas. Tidak semua rute di Indonesia menguntungkan menggunakan GFF. Kenapa ? Ya karena pergitungan point untuk redeem hanya menguntungkan untuk beberapa rute saja. Lainnya penukaran point ke beberapa tempat di Indonesia jumlahnya akan sama bahkan lebih daripada kita menukarkan rute Jakarta Singapore atau Jakarta Bangkok misalnya.

Minus banget :
Tidak tersedia Round The World Tiket !!! Waduhhhh sudah ratusan ribu point tidak ada fasilitas seperti KF dan AM. Ya cabut deh … Kecuali untuk ke Jakarta – Jogya, Surabaya, Bali, point masih ok dikumpulin di GFF. Rute lainnya mendingan bayar saja lebih murah hehehe.

Untuk mengetahui hal ini akan dibahas di artikel lainnya.
Tips Cepat Mengumpulkan Mileages
Enam Tips Memilih Kartu Kredit Traveler
3 Kartu Kredit Sakti di Indonesia Untuk Traveler
Perbandingan Penukaran Point Miles Kartu Kredit Travel Signature & World di Indonesia

Nah untuk mendapatkan member masing-masing airlines tersebut silakan buka web masing-masing ya. Selamat mendaftar ketiga Frequent Flyers ini dan jangan lupa untuk menghubungkan kartu kredit teman ke setiap FF.

Silakan dishare dan dikomentari.

 

Photos via 1, 2, 3, 4

Krisflyer
Asia miles
Garuda-miles