Teman banyak bertanya kok bisa jalan-jalan banyak mendapatkan tiket super murah. Kalau dibilang dengan kartu kredit menguntungkan banyak yang tidak percaya. Ok baca lanjutannya ya biar tahu.

Inilah beberapa tips agar teman-teman mendapat untung dari kartu kredit

Gunakan Kartu kredit sebagai kartu debit.
Heh ? Ya bisa … mindset kita yang harus dirubah. Sekali lagi gunakan kartu kredit untuk debit pembelanjaan ya. Kenapa bukan menggunakan kartu debit saja? Ada bedanya, dengan menggunakan kartu debit kita tidak bisa mendapatkan point yang bisa ditukarkan mileages, sementara dengan kartu kredit bisa. Ingat ya ini berlaku untuk kartu-kartu Gold ke atas.

Jadi selalu bayarlah lunas semua pemakaian, jangan hanya minimum payment. Kalau hanya membayar minimum payment, maka sudah pasti kita akan terjebak hutang. Ingat selalu lunasi semua tagihan, bahkan sebelum tagihan datang. Untuk cicilan lihat di bawah.

 

Jangan semua penawaran kredit 0 persen diambil.
Ini suka kejeblos juga teman-teman. Kalau ada penawaran ini lupakan. Maksimal hanya boleh dua transaksi cicilan 0 persen. Lebih bagus kalau bisa mencicil tiket sebelum kepergian, bukan setelah pergi masih mencicil ya.

 

Transferlah pembayaran setiap kali ada uang.
Jangan menumpuk dan menunda pembayaran kartu kredit hingga akhir bulan. Kebanyakan orang terlena dengan pemakaian kartu kredit dan terkaget-kaget dengan jumlah tagihannya di akhir bulan. Setiap kali ada uang langsung transfer untuk pembayaran.

Buatlah catatan pemakaian kartu, TERTULIS, jangan digital ya.
Ya karena dengan tertulis lebih mudah untuk kita memonitor pemakaian kartu kredit. Jadi jangan lupa sediakan buku catatan keuangan dan pembukuan pemakaian kartu.

 

Ada tips kreatif  kartu kredit lainnya yang juga bisa kita gunakan :

Kartu kredit sebagai kartu tabungan belanja
He ??? Tabungan ? Ya benar.
Ada satu bank di Indonesia Maybank yang menyediakan RKK alias rekening kartu kredit. Jadi kita bisa menabung di kartu ini.

Cuma kartu kredit lainnya pun bisa dipakai kartu tabungan, namun tidak ada bunganya. Kalau misalnya mau pergi agak lama di luar negeri, daripada memakai limit yang tersedia, aku sudah menabung duluan di kartu yang akan dipakai beberapa bulan sebelumnya.

Praktis tidak membawa uang tunai dan pulang mendapatkan point mileages.

Sedapat mungkin semua transaksi apapun di luar negeri dengan kartu kredit karena mereka tidak punya batasan besar kecil minimal. Kadang transaksi sebesar 12.000 pun dengan senang hati terima kartu kredit. Kalau kita menggunakan kartu Signature, maka point yang didapat bisa 2x lipat. Hehehe, no wonder kan aku bisa kumpulin point mileages banyak. Lah naik ojek Grab di luar negeri saja  (Thailand) dimasukkan billing kartu hahaha. Beli odol sama cemilan di mini market semua dijegrek pake kartu kredit hahahahah.

Tabungan belanja ini bisa digunakan baik di dalam maupun luar negeri. Untuk pembelian besar seperti baju dan sepatu biasanya dibatasi hanya maksimal 2x setahun. Lainnya lebih banyak untuk kebutuhan makanan, groceries supermarket, transportasi, hotel.

Kalau memang mau beli barang brand dan elektronik bisa juga memakai tabungan kartu ini, selain tidak libet, jangan lupa ada purchasing insurance (asuransi perlindungan baranga) untuk setiap barang yang dibeli tersebut. Ini yang tidak tersedia pada kartu debit dan uang cash. Ayo baca lagi di buku petunjuk kartunya masing-masing.

 

Kartu kredit sebagai tabungan perjalanan
Selain tabungan belanja, kartu kredit juga bisa aku gunakan untuk tabungan perjalanan. Jauh sebelum bepergian, budgeting prakiraan biaya perjalanan ke suatu negara sudah dihitung terlebih dahulu dan dibagi dengan jumlah bulan sebelum kita pergi. Jadi jumlah itulah yang ditabungkan ke celengan, bank dan setelah jatuh tempo kita transfer ke kartu kredit.

Lalu mulailah kita mencharge semuanya ke kartu tersebut, tiket pesawat, penginapan, ongkos2 (misalnya visa) beberapa negara memperbolehkan pembayaran dengan kartu kredit, pemesanan jemputan transport, tempat hiburan (misalnya Disney dan Universal Studios dll), transportasi publik (misalnya taksi, kereta / bis bandara ke kota, kereta/ bis antar kota dan lainnya).

Perjalanan aman, nyaman, sudah terbudget, dan tidak overlimit, serta masih mendapatkan point.

Kartu kredit sebagai kartu belanja mingguan / belanja bulanan.
Tentunya kita kira-kira tahu ya seberapa besar pengeluaran keluarga kita sebulan untuk segala urusan tetek bengek rumah tangga, dari mulai makanan, toiletries, dll. Nah kalau selama ini membayar cash, balikkan polanya. Transfer cash tersebut di awal bulan ke kartu kredit, lalu berbelanjalah di supermarket yang menerima kartu kredit tersebut.

Biasanya ada juga penawaran :

  • Ada membership dan mengumpulkan point rewards
  • Ada harga khusus produk dengan brand mereka
  • Ada cash back atau potongan diskon untuk kartu kredit.

Kita akan mendapatkan :

  • Harga lebih murah karena ada diskon member
  • Dapat point member yang bisa ditukar belanjaan lain berikutnya
  • Point mileage kartu kredit tersebut untuk ditukarkan tiket pesawat murah ….

Ngerti kan ? Kita tidak berhutang disini, tapi menyalurkan uang budget belanja supaya lewat kartu kredit dan mendapatkan banyak keuntungan dibanding pakai uang cash atau kartu debit. Favoritku ? Lotte Supermarket … No wonder sering nongkrong sana ya, ahahahhaa ya iyalah pokoknya kan beli apa saja dapat point juga bisa cash back.

Nah mulai kan otaknya mikir. Waduh bener juga belanjaan bulanan itu kalau dikumpulin setahun kan pointnya lumayan untuk dapat tiket murah.

Pendanaan otomatis tiap bulan
Beberapa kartu kredit menawarkan program transfer regular, misalnya untuk pembayaran uang sekolah dll. Lihat dulu biayanya ya … kalau dirasa ok baru deh apply ya.

Ini kiatnya :
Daripada mentransfer untuk dihabiskan uangnya, transferlah sejumlah uang duluan dari kartu tersebut (yang sudah dimasukkan ke perhitungan budget kita) ke :

  • Rekening simpanan emergency account
  • Rekening investasi untuk pembelian emas, reksadana, uang muka rumah dan pensiun. Jangan buat bayar asuransi ya … beda itu… coba lihat setelah setahun, bukannya makin miskin tapi makin banyak assets.

Sekali lagi mindsetnya berbeda, sebetulnya dana yang akan kita bayarkan untuk investasi dibayarkan dahulu oleh kartu kredit. Dan kita mengumpulkan point dengan cepat.

Ingat ini bukan untuk semua orang ya, hanya orang uang benar-benar disiplin membayar kartu bisa mempertimbangkan tips ini.

Nah semoga tercerahkan, selamat menggunakan kartu kredit dengan bijak dan mengumpulkan point mileages.