Beban pikiran, stress, kegundahan, kecemasan, dan lainnya semua berasal dari pikiran kita yang melekat mengenai suatu hal. Kita merasa sesuatu itu membuat kita stress, karena kita terus menerus memikirkan hal tersebut.
Dengan mempelajari cara membebaskan diri dari kemelekatan pikiran kita terhadap sesuatu, lebih mudah untuk kita mengelola batin kita.
Pikiran – batin / perasaan, pikiran tenang – batin tenang, pikiran padat dengan berbagai hal – batin kita menjadi terkontaminasi, batin menjadi bingung perasaan apa untuk pikiran yang mana. Disitulah timbul kegalauan.
Saat kita melekat pada sesuatu dalam proses pikiran kita, saat itu pulalah timbul perasaan / batin. Saat kita mendapatkan sesuatu timbul perasaan senang dan sayang. Saat kita kehilangan sesuatu timbul kesedihan, kemarahan dan lainnya.
Memahami proses jalinan pikiran dan timbul tenggelamnya perasaan, dan membuatnya netral, kan membantu kita untuk memaknai kehidupan lebih seperti apa adanya. Dari situ timbullah kebahagiaan karena kita tahu mana yang bukan merupakan ilusi 😀
Pusing deh lo hahaha semoga tercerahkan