Perancis itu cantik cantik dan cantik … Berbeda sekali dengan negara-negara Asia atau Eropa lainnya. Paduan keindahannya bukan hanya dari keindahan alamnya saja, tapi semuanya. Kadang bingung mau mulai darimana pada saat kita disana.

Selain bahasanya yang aduhai seksinya (bahasa lain yang menurutku seksi adalah Italia) (apa karena tidak mengerti pada awalnya hahaha), kulinernya, coklat, wine, pemandangan alam, bangunan, sejarahnya sebagai salah satu kerajaan besar jaman dahulu kala, lalu dengan 3 Motto Perancis : Liberte, Egalite, Fraternite (eh jangan salah ya Republik Haiti juga menggunakan motto yang sama)

Kebanyakan orang kalau berpikir Perancis ya tahunya di Paris saja. Padahal selain Paris cobalah untuk keluar dari Paris sedikit, istana Versailles misalnya, atau beranjak sedikit ke daerah Selatan Perancis, maka akan banyak dtemukan tempat menarik untuk berfoto. Di Versailles saja beribu sudut yang bagus untuk difoto, belum lagi kalau kita berkeliling ke berbagai kastil dimana-mana.

Dan tidak ada kata lain untuk menggambarkannya, cantik, cantik, cantik. Pantesan Syahrini senang bolak balik kesana ya, selain belanja di Champ Elysees, ya itu dia keliling kemanapun pasti menemukan tempat cakep buat foto. Maju mundur saja jadi cakep kan (selain memang dia cantik hahah).

Ditunjang dengan warna warni keceriaan alam Perancis, lingkungan dan budayanya yang sudah berkembang sejak berabad-abad, seni foto Perancis berkembang pesat. Salah satu contohnya kita bisa melihat deh spot iklan iklan dimanapun di Perancis, selain mereka menyampaikan pesan melalui iklan, sentuhan artistiknya bertebaran, bahkan di brosur-brosur yang tampaknya biasa saja. Sentuhan artistik orang Perancis bisa temui juga di film, musik, patung, tarian, kuliner, dan lain sebagainya.

Dan semuanya itu sangatlah cantik untuk difoto. Bahkan jalan setapak tidak jelas, dimana di pinggir hutan saja, bisa begitu cantik. Jadi kalau ke Perancis, obyek foto kita jangan hanya kita pose pose saja di berbagai tempat, coba deh foto banyak hal, kerumunan burung merpati, kursi di taman, pohon, landscape, kehidupan di metro yang sibuk, gedung-gedung tua yang catnya terkelupas. Begitu berlimpah banyak bahan untuk difoto.

Nampaknya memang sudah dari sononya Perancis dianugrahi Pencipta jadi tempat yang superrrr cantik itu. Suasana berbeda akan langsung kita rasakan begitu menjejakkan kaki di bumi Perancis, beda banget dah nuansanya dengan negara-negara tetangganya seperti Spanyol, Italia, Jerman, Belanda dan lainnya. Heran ya padahal sama-sama Eropa. Belum lagi kalau kita bertualang ke daerah Selatan dengan pantai-pantainya yang cantik.

Berjalan di kota tua Sevilla di Spanyol menapaki jalan-jalan kecilnya yang juga cantik, bisa berbeda sekali dengan berjalan di daerah Rambuteau, Paris. Padahal sama-sama daerah pertokoan di Eropa. Berjalanlah ke Montmatre area di Paris dan melihat apartemen-apartemen kuno yang dihiasi berbagai bunga-bungaan menjuntai di berbagai jendelanya. Haduhhh… Duduk disitu cuma melihat dan memotret keindahan hal kecil seperti itu saja sudah mencuci otak jadi fresh…

Apa ya ? Kemegahan bekas-bekas kerajaan Perancis itu, kecantikan, keindahan alam di Perancis itu berpadu jadi satu. Auranya itu sangat berbeda dengan tempat-tempat lainnya di seluruh Eropa.

Jangan lewatkan momen momen magis yang mempesona ketika matahari terbit ataupun terbenam, semua sudut kota akan tampak brilian ditempa sinar matahari yang keemasan atau terkena saputan awan lembayung keunguan. Malam hari ? Jangan tanya … Ketika semua lampu dinyalakan, rasanya kita akan terlempar ke dunia lain yang berbeda. Kerlap kerlip lampu di perkotaan, siluet bayangan lampu jalanan.

Waktu lainnya yang juga akan berkesan untuk foto adalah di sepanjang tahun dengan musim yang berbeda. Disana memang ada 4 musim, musim panas, gugur, dingin dan semi. Di setiap lokasi, setiap musim akan memberikan nuansa yang berbeda. Jadi sekali lagi untuk mendapatkan nuansa keindahan Perancis tidak harus datang di musim tertentu. Datang saja setiap tahun. Pasti ok …

Jadi … Berkelilinglah Perancis ya … Dijamin nggak cukup sekali …

 

 

 

 

tree-in-paris-black-and-white