Kira-kira ini budget perjalanan berbagai negara Asia 3/4 hari 2/3malam (backpacker yang ada uang, yang cukup buat makan, transportasi dan keliling tanpa harus menderita) – Kalau hoki bisa termasuk tiket pesawat, kalau tidak, tambahkan biaya tiket dengan penerbangan murah

Di Asia sendiri banyak sekali negara yang bisa kita kunjungi dengan biaya yang terjangkau, beberapa di antaranya yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan adalah sebagai berikut:

Singapore 3–4 jt.
Singapore walaupun negaranya kecil mungil tapi tidak bisa kita kunjungi semuanya dalam 3 hari, ada begitu banyak tempat dan atraksi menarik disana. Dengan tiket pesawat murah sekitar 1 jutaan, dan penginapan dormitory sekitar 300–400.000 per malam, kita sudah bisa mengunjungi negara kota yang populer ini.

Untuk berbelanja di sini memang tersedia berbagai jenis pilihan barang yang menarik dan tidak ada di Indonesia, namun tentunya budgetnya tidak akan mencukupi sekian lagi. Yang perlu dipertimbangkan juga ada harga makanan yang cukup mahal di Singapore.

Elektronik mutakhir merupakan pilihan untuk dibeli di Singapore, selain juga fashion (cuma masih terhitung mahal di Singapore) dan sepatu.

Universal Studios merupakan taman hiburan yang terkenal dan disukai disana. Kalau mau hemat, pergi sampai gerbang saja lalu foto, kelar hahahahaha… kan banyak tuh orang kita yang begitu pokoke sampai pintu ada fotonya, entah di dalamnya ada apa.

Padahal di Singapore juga tersedia beraneka ragam tempat untuk dikunjungi, cuma kebanyakan perlu uang ya…

Yang bilang uang itu bukan segalanya kebanyakan orang yang belum pernah jalan jauh kali hehehe. Lah mau haji saja pakai uang toh ?

Malaysia / Kuala Lumpur 3 jt.
Malaysia terutama ibukotanya menawarkan banyak tempat menarik juga dikunjungi, dengan tiket murah yang mirip ke Singapore, kita juga bisa bepergian kesana. Disukai orang Indonesia karena kemiripan budayanya dan juga banyak tempat wisata kuliner halal.

Harga makanannya tidak berbeda terlalu jauh dengan jajanan di Indonesia. Selain itu karena faktor bahasanya yang mirip, kalau kita tersasar, jangan takut untuk bercakap Melayu.

Malaysia sebetulnya merupakan negara yang cukup besar, daripada hanya bertualang ke Kuala Lumpur, cobalah untuk bepergian ke negara bagian lainnya seperti Sabah dan Serawak di Kalimantan atau Penang.

Untuk belanja, sampai saat ini rasanya di Indonesia sendiri masih bisa menyaingi Malaysia deh hehehe. Lah buktinya tiap liburan sekarang terbalik banyak orang Malaysia seliweran ke Bandung, Jogya, Bali dll. Di Bandung mereka bisa kalap memborong di factory outlets. Jadi kalau untuk berbelanja rasanya tidak terlalu kalap kalau ke Malaysia.

Thailand / Bangkok 3 jt.
Thailand adalah salah satu negara terfavorit di Asia untuk dikunjungi baik oleh orang Indonesia maupun oleh wisatawan mancanegara lainnya. Kelebihannya adalah penerbangan yang murah (kalau hoki bisa dapat 1,2–1,5 juta pp), hotel yang murah habis (kalau jeli kadang kita bisa mendapatkan harga penginapan kualitas bintang tiga dengan hanya hanya 150 ribu saja, dan sederetan makanan murah meriah halal dan sehat.

Kalau aku pribadi inilah negara yang paling aku sukai. Dengan jumlah uang yang sama di negara lainnya, kita bisa menghabiskannya untuk jangka waktu yang lebih lama. 3 juta bisa kita pakai untuk tinggal seminggu bahkan lebih disana (dengan catatan jika menginap di hostel / dormitory ya)

Sebagai perbandingan biaya ke Bali satu minggu bisa dipakai untuk 2–3 minggu di Thailand.

JIka sudah pernah ke Bangkok cobalah eksplorasi ke berbagai tempat menarik lainnya di seluruh kawasan Thailand, bisa memilih ke Utara atau Selatan. Atau coba kunjungi pulau-pulaunya yang eksotik. Dijamin bakalan kangen kembali lagi.

Belanja ? Waduh ini sih top dah, nyaris barang apa saja ada disini. Banyak toko-toko Eropa membuka toko di Bangkok dan sekitarnya. Selain itu produksi lokal apapun kualitasnya bagus dan harganya terjangkau. Makanan tradisionalnyapun layak untuk dibeli, karena mereka mengemasnya dengan apik.

Korea Selatan / Seoul 4–5 jt
Korea Selatan terutama ibukotanya Seoul termasuk salah satu destinasi yang cukup diminati orang Indonesia. Sayangnya harga tiketnya cukup mahal, juga hostelnya.

Dengan biaya 2x ke Singapore bisalah kita terbang k e sana. Siapa tahu ketemu bintang film Korea kan hahahhaa.

Alamnya yang indah, kota-kotanya yang rapih dan bersih serta banyaknya pilihan untuk berbelanja, cukup jadi magnet. Apalagi kalau senang mode dan stationery yang lucu-lucu disini tempatnya.

Kualitas barangnya bagus-bagus walau tentunya ada rupa ada harga ya. jadi kalau mau belanja di Korea bawa uangnya jangan pas.

Kosmetik dan ginseng adalah dua hal yang bisa menjadi barang buruan untuk belanja. Kualitas ginsengnya top ! Bahkan katanya ada beberapa jenis ginseng yang juga berfungsi untuk meredakan kanker, jantung dll.

Jepang / Tokyo 6jt
He? 6 juta ke Tokyo ? Masa? Ya bisa saja jika kita menggunakan pesawat seperti Air Asia dengan harga promo. Tokyo merupakan salah satu destinasi wisata selain Singapore dan Hong Kong yang hotelnya ampun deh mahalnya.

Kalau mau berhemat dengan menginap di dormitory dan berkeliling dengan fasilitas transportasi publik, dengan biaya sekitar 6 juta kita sudah bisa puas berkeliling melihat kota Tokyo.

Belanja ? Waduh ini dia, tidak ada yang murah banget disini kecuali Daisho. Lainnya, kalau hanya punya 6 juta terpakasa harus menahan emosi jiwa dah lihat barang bagus-bagus dan cantik-cantik. Harganya disini amboi dah. Juga makanan dan transport lokal. Sekalipun kita naik MRT harga tiketnya biasanya berkisar antara 20–60 ribu sekali naik.

Yang dilihat ? Wah kalau ini mah banyaaaaaaaakkkkk sekaliiiii… Tiada habis. Makanya kalau ke Jepang kepepet, hitung benar-benar budget dan rute, jadi maksimalkan nilai uang. Namun perhatikan juga kesehatan, di sana jalannya jauh-jauh deh, kalau tidak terbiasa berjalan kaki dan salah memakai sepatu, bisa-bisa kita pingsan di jalan.

Pilihan tokonya beraneka ragam, juga kue dan makanan, dan semuanya bikin mau dan mau lagi. Toko-toko ajaib juga ada disana, barang-barang nggak perlu juga bisa diciptakan sama mereka. jadi sampai sana, pikir mau beli apa, kalau tidak bisa kalap.

Namun jangan kecil hati, kalau niat kesana pasti bisa kok , walau dengan uang yang terbatas.

Disini ada Disneyland dan DisneySea. Kalau ada uang lebih ke Osaka bisa lihat kastilnya Harry Potter di Universal Studio Osaka. Sayangnya semua animasinya dalam bahasa Jepang dan antrinya gila-gilaan. Kalau tidak kuat berdiri paling satu hari kuta hanya bisa antri 4–6 tempat saja. Jika inging mengunjungi park seperti itu siapkan uang tambahan kira-kira 1 juta untuk setiap park per hari.

Hong Kong 5–6 jt
Hong Kong adalah salah satu destinasi favorit juga di Asia. Selain karena kotanya asik, juga ada Disneyland dan Ocean World.

Kalau soal belanja, disini salah salah satu surganya bukan di Singapore.

Penginapan disini. Harganya gila-gilaan, jadi kalau mau berhemat pilihlah hostel yang tersedia banyak. Jarang ada yang tahu Hong Kong adalah negara kepulauan. Orang tahunya Hong Kong hahahhahaa, Selain nama negara, Hong Kong sendiri merupakan nama salah satu areanya. Area lainnya yang terkenal adalah Kowloon.

Pilihlah penginapan di daerah Kowloon karena harganya bisa setangah dari harga di Hong Kong.

Transportasinya mudah, ada MRT, kapal / ferry dan bis. cobalah naik ferry menyeberang antar pulau. Sangat menyenangkan.

Kalau makanan, memang tidak di semua tempat menyediakan makanan halal. solusinya adalah berbelanja di Supermarket atau membeli makanan paketan di 711.

 

 

Kalau mau ditambah masih ada beberapa negara lainnya di kawasan Asia yang bisa kita jelajahi dengan budget terbatas. Namun nanti ya di artikel lainnya.