Kartu kredit travel memberikan cara yang paling cepat untuk mendapatkan perjalanan gratis (catatan : nggak gratis-gratis juga karena biasanya masih dibebankan airport tax, dan admin) Dan di Indonesia jenis kartu ini adalah jenis kartu Signature ke atas. Signature Card dikeluarkan oleh Visa, sementara Mastercard mengeluarkan padanannya yaitu World card. Tetapi aku lebih menyukai membahas kartu Signature Visa dibandingkan World Mastercard. Selain lebih banyak fasilitas yang diberikan, juga Visa lebih banyak tempat yang menerimanya.

Ingat jenisnya : Signature ya, bukan Gold atau Platinum bukan juga Silver. Kita berbicara mengenai kartu premium dengan fasilitas premium, untuk traveler, yang menyediakan berbagai penerbangan di seluruh dunia dan fasilitas traveling lainnya, jadi … jangan bandingkan kartu Signature ini juga dengan kartu kredit yang menawarkan pengumpulan mileages untuk pesawat LCC (Low Cost Carrier) seperti misalnya kartu kredit Air Asia ya. Beda kelas, beda kasta, beda jangkauan fasilitas ya hehehe.

Artikel ini juga tidak membahas mengenai kartu Infinite yaitu jenis kartu di atas Signature dan biasanya pemiliknya diundang oleh bank untuk memiliki jenis kartu ini. Ini juga beda kelas, fasilitas dan kasta juga. Jadi jangan sampai ada komentar yang membandingkan dengan kartu ini. Sekali lagi tentu saja para pemakai kartu Infinite akan lebih cepat lagi mengumpulkan point karena kastanya lebih tinggi dari Signature. Di atasnya masih ada kartu Black (beneran black ya, bukan abal-abal kaya di Indonesia). Salah satunya seperti Amex Centurion. Kalau pakai kartu ini, jegrek pembelian beberapa mobil ferari bisa dilakukan beberapa kali sehari. Jadi ngumpulin jutaan point dalam seminggu bisa langsung tercapai kalau pakai kartu ini. Berapa annual feenya? Kira-kira sekitar satu mobil Honda Freed. Haaaahhhh … Pengsaaaann.

Bank berlomba untuk mendapatkan pelanggan, dengan demikian penyedia kartu kredit bermitra dengan berbagai perusahaan wisata dan menawarkan berbagai bonus seperti ribuan point mileages saat bergabung, diskon khusus untuk berbagai pembelian tiket dan paket wisata, dan berbagai fasilitas lainnya untuk menarik orang rajin memggunakan kartunya.

Teman akan dimanjakan dan semua pemakaian kartu kredit teman-teman akan bisa sangat menguntungkan. Jika teman-teman memahami cara bekerja sistemnya, maka kita bisa mendapatkan tiket gratis penerbangan, kamar hotel, liburan gratis, atau bahkan uang tunai.

Aku coba untuk menyoroti beberapa poin penting bagaimana cara memilih kartu kredit Signature travel yang tepat, dan memberikan beberapa penawaran terbaik.

Dengan begitu banyak pilihan untuk kartu kredit jenis Signature dari berbagai bank di Indonesia, sulit untuk mengetahui mana kartu kredit yang terbaik. Yang paling benar adalah tidak ada kartu perjalanan yang sempurna – semuanya menawarkan manfaat yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan orang yang berbeda. Namun lama kelamaan kita bisa menentukan kartu tercocok dengan diri kita dengan menggunakan beberapa kriteria di bawah. Kartu yang cocok bervariasi tergantung pada kepribadian dan gaya hidup orang, tetapi umumnya kartu terbaik menawarkan fasilitas berikut:

Bonus bergabung yang besar.
Beberapa kartu bahkan bisa memberikan penerbangan gratis atau menginap di hotel bintang lima. Jangan mendaftar untuk kartu yang tidak menawarkan bonus besar. Karena teman akan lebih lama untuk mendapatkan perjalanan gratis. Carilah kartu dengan bonus mileages besar di depan sehingga teman-teman dapat segera memulai mengumpulkan saldo point mileages dengan cepat !

Di Indonesia bonus mileages pada saat bergabung umumnya berkisar di antara 1.000 – 5.000 point. Kadang-kadang ada beberapa kartu yang menawarkan lebih banyak. Dan biasanya diiringi dengan kondisi tertentu. Jadi sebelum mengisi aplikasi, bandingkan dulu berbagai kartu tersebut.

Perbandingan point rupiah yang dibelanjakan dan point mileages yang didapat.
Umumnya, teman ingin mendapatkan kartu yang menawarkan kategori bonus.
Itu berarti teman mendapatkan poin ekstra jika Anda berbelanja di beberapa jenis toko (yaitu, poin lebih untuk berbelanja di satu tempat). Kartu kredit yang paling menarik, memberikan poin ekstra ketika Anda berbelanja.

Kebanyakan kartu kredit Signature menawarkan satu poin untuk setiap beberapa ribu rupiah yang dibelanjakan (tiap bank berbeda-beda). Jika masa promosi maka biasanya jumlah point yang dikumpulkan menjadi berlipat-lipat. Makanya tidak heran jika seseorang bisa mengumpulkan mileages dengan cepat, karena mungkin dia dengan cerdik menggunakan berbagai promosi yang disediakan untuk melipat gandakan pointnya. Istilahnya dengan berbelanja lebih bijak tapi menghasilkan keuntungan point yang lebih besar dan berlipat-lipat. Misalnya ada saat promosi pemesanan hotel menggunakan situs A dengan menggunakan kartu B maka semua jumlah pemesanan hotel akan dikalikan 10x lipat. Terbayang kan teman … Misalnya jumlah pointnya biasanya hanya 6.000, karena promosi ini jadi meledak menjadi 60.000 sekali transaksi. Hal-hal seperti ini tidaklah mustahil ditawarkan oleh kartu kredit travel. Beda dengan kartu Platinum atau Gold, teman bahkan harus berbelanja 3-6x lipat daripada orang yang memakai kartu Signature, untuk mendapatkan point 6.000. Apalagi untuk dikali dapat 10x lipat. Maka belanjanya juga harus 10x lipat.

Nah pola pikir inilah yang kebanyakan teman-teman tidak sadari ketika memilih dan memakai kartu kredit. Bagi kebanyakan orang berpikirnya adalah : semakin banyak point pasti semakin boros dan royal belanjanya. Tapi bagi para pemegang kartu Signature ke atas, justru kebalikannya, semakin banyak ikut program promosinya dengan pahe (paket hematnya) justru pointnya malahan berkali kali lipat. Justru berbelanja lebih sedikit dari pemegang kartu Gold dan Platinum tapi lebih cepat terbang gratis. DISINILAH BEDA MINDSET BERPERAN. Baca juga ini Tips Cepat Mengumpulkan Mileages

Pembelanjaan minimum.
Sayangnya, untuk mendapatkan bonus besar yang ditawarkan kartu Signature, biasanya ada pengeluaran minimum yang diperlukan sebelum Anda akan memenuhi syarat untuk menerima bonus. Point seperti ini harus dipertimbangkan juga ketika mengisi aplikasi. INGAT YA KARTU SIGNATURE TIDAK UNTUK SETIAP ORANG. Tidak semua orang terbiasa berbelanja banyak dengan kartu kredit. Syarat lainnya adalah teman harus disiplin membayar semua pemakaian, walaupun belum jatuh tempo. INI PENTING KARENA BANYAK YANG TIDAK MEMIKIRKAN HAL INI.

Selain itu kartu ini tidaklah cocok bagi pemula yang baru belajar bepergian dengan biaya terbatas, baru bekerja dan belum pernah punya kartu kredit jenis lainnya. Kenapa? Karena untuk aplikasi kartu ini juga dibutuhkan minimal batas penghasilan tertentu. Lain halnya jika teman sudah memiliki pekerjaan yang lebih mapan dan telah memiliki kartu jenis seperti platinum, biasanya akan lebih mudah aplikasi kartu Travel Signature. Jelas ya. Jadi jangan nanti-nanti maksa nanya, Kok saya nggak bisa dapet kartu ini atau ditolak. Namun tidak tertutup kemungkinan bisa mendapatkan kartu ini dengan cara lain, walaupun teman baru pemula. Caranya ? Di artikel lainnya ya, panjang lagi soalnya.

Kebanyakan kartu kredit Signature travel menawarkan fasilitas yang menarik, dengan harapan bahwa Anda akan tetap dengan mereka dan tidak berpindah ke pesaing. Banyak kartu juga menawarkan status tertentu dengan kartu kredit mereka, yang biasanya bisa digunakan untuk upgrade gratis dan manfaat prioritas lainnya seperti akses lounge seluruh dunia (bukan hanya Indonesia atau Asia Pasifik saja. Jadi cek ya … Fasilitas loungenya bagaimana ?)

Kalau teman memang akan berbelanja, jadi mengapa tidak mendapatkan sesuatu pada saat berbelanja? Rajin-rajin melihat katalog online yang ditawarkan bank penerbit kartu, mungkin kita bisa mendapatkan point lebih banyak atau fasilitas lainnya seperti voucher kupon free lunch, potongan harga dll. Btw itu mileages banyak-banyak dikumpulin maksudnya diredeem ke sini lo : 3 Top Frequent Flyers Untuk Traveler Indonesia

Perhatikan biaya pada saat keluar negeri.
Mayoritas kartu kredit mengenakan biaya 3% ketika teman menggunakannya di luar negeri. Jadi sementara kartu kredit teman mendapatkan nilai tukar yang baik dari mereka, tapi jika teman membayar biaya tambahan setiap kali Anda menggunakan kartu, maka kartu tersebut tidak menjadi baik. Susah untuk mengetahuinya di awal. Biasanya jika teman mempunyai 3-6 kartu Signature Travel bank yang berbeda, maka lama kelamaan kita akan menjadi intuitif, kartu mana yang paling bagus untuk digunakan. Dari situ kita bisa tentukan mana kartu yang akan menjadi andalan kita.

Biaya tahunan.
Namanya juga kartu premium ya, tentunya jangan berharap untuk membayar seadanya untuk kartu ini. Biasanya rata-rata biaya tahunan kartu jenis ini di Indonesia berkisar si angka satu juta per tahunnya. Tidak ada yang suka membayar biaya tahunan untuk kartu kredit. Jadi pertimbangkan dulu. Aku membayar biaya tahunan karena fasilitas yang layak bagi aku, karena aku terbang banyak dan mendapatkan banyak keuntungan dari kartu ini. Kita juga bisa menukarkan pointnya untuk annual feenya sehingga terus menerus gratis. Kartu berbasis biaya memberikan imbalan yang lebih baik, membolehkan teman-teman mengumpulkan poin lebih cepat, menyediakan akses yang lebih baik untuk layanan dan penawaran khusus, dan memiliki perlindungan wisata yang lebih baik.

Kalau teman ingin dapat point salah satu triknya adalah  : karena kebanyakan kartu fee based akan membebaskan biaya tahun pertama, teman dapat mengumpulkan bonus dan membatalkan kartu begitu bonusnya sudah ditransfer ke frequent flyers. Hehehehe…. Cuma ada cumanya, nama teman akan diblack list dan lebih susah untuk mendapatkannya kembali.

Atau bisa juga menelpon penerbit kartu dan pindah ke kartu non-biaya. Mereka biasanya mengijinkan hal ini. Biasanya ada ketentuan setelah berapa lama baru boleh pindah.
Service yang diberikan.
PENTING JANGAN TERGIUR HANYA DENGAN BANYAK BANYAKAN POINT DARI PEMBELANJAAN YANG LEBIH MURAH ...

Di Indonesia walaupun tersedia AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia) tapi standard layanan kartu kredit dari berbagai bank bisa jomplang kiri kanan. Banyak bank yang baru terjun ke bisnis kartu kredit di Indonesia, walaupun dia bank Internasional. Alhasil jangan berpikir kita akan mendapatkan layanan yang standard dari setiap bank disini. Bisa jadi bank yang gembar gembor heboh jaring nasabah, ternyata pada saat kita kontak customer servicenya pelayanannya berantakan, ada yang system komputernya out of date, Ada pula uang pembayaran kita salah posting ke kartu lain dan atau terblokir, sementara untuk buka blokirnya bisa diperlukan kemarahan tujuh turunan untuk memaksa call center membuka blokirnya, ada juga officer yang tidak tahu aturan terbaru dari banknya sendiri dan berbagai promosi terbarunya.

Ingat juga call center kartu kredit biasanya outsource pegawainya dari luar, dan bukan orang dalam bank itu. Jadi kalau satu saat mendapat layanan kelas teri dari bank yang ngakunya bank internasional ya maklumi saja.

NAH INI PENTINGGGGGG SEKALI DIPERHATIKAN UNTUK TEMAN-TEMAN YANG MEMILIKI JENIS KARTU KREDIT APAPUN… Hanya gara-gara layanan tidak profesional, kartu kita bisa jadi bermasalah.

Uji coba selalu telepon line call centernya. Mudah diakses tidak? Tanggap terhadap pelanggan tidak? Masalah terselesaikan cepat tidak?  Terlalu ramah dibuat-buat sehingga memperbanyak billing telepon tidak ? Efisien dan cekatan tidak jawabannya ? (banyak yang berbelit-belit, entah disengaja atau memang tidak tahu. Cenderung bersikeras menyalahkan pada systemkah ?  (padahal kalau mau mereka bisa proaktif menyelesaikan masalah).  Bisa menangkap  dan mengerti pertanyaan kita dengan cepat atau tidak ? (Banyak lagi yang junior dan harus berkali kali kita menjelaskan masalah) dll. Eh jangan salah, bahkan di layanan prioritas bisa kejadian seperti ini. makanya coba cek selalu.

Kalau ke walk inn centernya cek juga, seringkali yang ditaruh di lini depan orangnya tidak kompeten, yang penting cantik (hehehehe). Buat pria jangan tergiur silau dengan kecantikannya ya, seringkali otaknya kosong. Mereka hanya menerima message, tanpa mampu mengolahnya sehingga kita harus kesal berkali-kali menjelaskan masalah yang sama. Eh pengalaman pribadi ni, hahahhaa, soalnya aku suka jadi mystery guest, hanya untuk melihat kecekatan mereka menangani nasabah. Wah banyak yang kedodoran. Kadang ada yang cuma modal kedip-kedip mata aja dengan eye lashernya yang tebal itu serta gincunya yang aduhai, serta suara mendesah-desah, supaya kita tergiur dan lupa pertanyaan. Hahahahah… Sumpeh deh. Sementara model aku, lebih respek pada  customer service yang biasa saja tampangnya, tapi handling problems primaaaaa. Kalau ketemu yang begitu di Bank A, Bank B, aku suka nanya “Mbak lagi sakit mata ya, kok dari tadi kelilipan” Hihihihiihh (jailnya kumat). Langsung biasanya matanya berhenti muter dan kedipnya.  Back To Work. Wkwkwkwkw.

Kalau rasanya tidak sreg… Ya jangan dipakai.

Jadi pikirkan baik-baik sebelum aplikasi kartu. Teman harus berpikir tentang mengapa teman ingin menggunakan kartu tersebut. Apakah teman-teman tertarik karena brand bank tersebut, imbalan gratis dan bonusnya, atau menghindari biaya ? Jangan karena ingin bawa pulang hadiah boneka gratisnya ya hahahahah.

Apakah teman-teman ingin imbalan dan bonus untuk mendapatkan penerbangan gratis, atau apakah teman-teman hanya ingin kartu yang tidak akan memungut biaya untuk menggunakannya di restoran tertentu di Hotel bintang lima ? Apakah status elit gaya keren merupakan hal paling penting bagi teman ?

Putuskan apa manfaat yang teman-teman inginkan dari kartu dan kemudian pilih yang terbaik yang membawa teman ke tujuan yang teman inginkan . Misalnya, jika teman hanya melakukan banyak perjalanan domestik, tidak usah apply kartu Signature, cukup mungkin kartu Air Asia atau Garuda mungkin akan menjadi yang terbaik. Jika teman berencana untuk membawa istri teman ke Eropa, kartu Signature Travel akan lebih cocok, karena menyediakan pengumpulan point mileages dan fasilitas lainnya. Jika teman-teman menyukai jaringan chain Hotel tertentu carilah kartu kredit yang bisa memberikan fasilitas penukaran hotel tersebut. Setelah teman-teman memiliki tujuan, memutuskan kartu mana yang cocok akan jadi jauh lebih mudah. Ini adalah pilihan saya, jadi mungkin orang lain berbeda ya tidak apa-apa 3 Kartu Kredit Sakti di Indonesia Untuk Traveler

Btw : mengumpulkan miles biasanya tidak hanya satu dua bulan… Banyak yang salah duga dengan ini. Biasanya silau dan sirik lihat orang yang punya ratusan ribu atau jutaan point. Kecuali sekali lagi kalau yang memakai kartu, kartunya kasta infinite ya, no wonder pointnya jutaan.

Ajaibnya di Indonesia, ngakunya kelas backpacker tapi tetepppp kartunya Infinite … Hehhehee … Jadi berarti penghasilan backpaker Indonesia tersebut bukan satu dua juta, ada yang ratusan juta sebulan … Dan itu bukan satu dua orang… Banyak dehhh.

Point dikumpulkan bisa dalam jangka waktu bertahun-tahun. Kalau yang pointnya tiba-tiba melonjak cepat bisa jadi
1. Ikut promo point dikali berapa kali kelipatan jadi cepat beleduk pointnya
2. Emang orang kaya yang belanja gaya hidupnya ya gitu deh
3. Pebisnis misalnya punya travel biro atau pabrik yang seluruh transaksinya dimasukkan ke kartunya. Kebayang kalau tagihan listrik satu kantor berapa puluh juta sebulan dia masukin atau transaksi ratusan tiket dimasukkan ke kartunya.
Nah jadi jangan sirik duluan hihihi. Cek di artikel aku lainnya mengenai hal ini. Kalau masih bingung juga … bocorannya disini deh :
Perbandingan Penukaran Point Miles Kartu Kredit Travel Signature & World di Indonesia

Ok sekian dulu perkartuan ini … Semoga membantu teman-teman.

Jangan lupa disharing untuk teman lainnya.

Salam