Makanan apa yang paling ciri khasnya Jogya ? Ya tiada lain Gudeg. Gudeg itu makanan sepanjang masa dari jaman rikiplik kemerdekaan sampai sekarang. Rasanya yang khas dengan paduan berbagai macam makanan membuatnya selalu dikangeni masyarakat.

Biasanya campurannya terdiri dari nangka muda dan santan, disertai dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam, krecek, telur, tahu bacem, tempe bacem dan ati ampela. Gudeg biasanya manis karena ada campuran gula, selain itu karena dicampur dengan santan, rasanya menjadi gurih.

kalau ke Jogya mencari gudeg, mampirlah ke Jalan Wijilan. Itu seperti kawasan factory outlet tapi kalau ini isinya sepanjang jalan restoran gudeg. Letaknya Kampung Wijilan di sebelah Selatan Plengkung Tarunasura atau Plengkung Wijilan dan dekat sebelah Timur dari Alun Alun Utara.

Kita bisa mencoba berbagai racikan gudeg sampai kenyang dari berbagai restoran yang ada disini. Dulunya hanya ada Warung Gudeg Ibu Slamet,yang sudah ada sejak tahun 1942. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak pesaing muncul sehingga akhirnya berderetlah restoran gudeg di daerah ini.