Sudah tahu yang namanya IKEA kan? Bagi yang belum tahu IKEA, itu toko furniture besar seperti Informa, cuma dia brand global jadi ada dimana-dimana di berbagai belahan dunia. Di Indonesia,  IKEA Indonesia sejak 2 tahun terakhir sudah buka satu cabangnya di Serpong.

Kenapa IKEA menjadi istimewa? Karena pilihan barangnya beragam. Di koleksi utamanya di Swedia ada sekitar 15 ribu item yang berbeda, dan terus bertambah setiap tahunnya. Mereka punya sederet desainer produk yang terus menerus mendesign produk baru, hampir seluruh koleksinya adalah desain IKEA sendiri. Selain itu produknya fungsional, harganya masih terjangkau dibandingkan barang di toko-toko furniture lainnya, desainnya unik, beragam, warna-warni, menggemaskan, dan multi fungsi.

Setting Ruang Duduk IKEA

Setting Ruang Duduk IKEA

Yang banyak orang tidak tahu dan sadari adalah : IKEA mengeluarkan barang dalam berbagai kualitas dan multi fungsi. Barang yang sama fungsinya, bisa keluar dalam harga murah meriah yang kualitasnya bagus, sampai dengan variasi barang kelas satu yang harganya ampun-ampunan dengan kualitas sangat sangat bagus. Selain itu bisa dipadu padankan – koleksi meja dapur atau raknya mungkin bisa digunakan untuk di kantor, barang-barang koleksi ruang tidur bisa digunakan di ruang tamu dlsb. Ya ada rupa ada harga ya.

Jika kita tidak jeli dan tidak mengenali produk IKEA kita bisa terjebak membeli produk terlalu murah (karena kita pikir wah yang lain mahal jadi ambil yang murah saja) padahal tidak terlalu berguna, atau terlalu mahal (biasanya buat gaya hehe) padahal mungkin fungsinya bisa digantikan dengan koleksi yang berharga menengah. Jenis bahan, desain, pengolahan dan kekuatan (durabilitas) menjadi hal-hal yang menentukan harga barangnya. Contoh dapur. Dengan biaya 6 juta kita sudah bisa membuat dapur kecil yang bagus dan fungsional, tapi bisa juga kita menghabiskan 200 juta hanya untuk dapur IKEA. Tergantung selera, dan uang di kantong.

Yang bikin kalap adalah : ada beberapa jenis koleksi barang tertentu dan warna tertentu yang dijual khusus di negara tertentu saja. Nah ini dia deh … Kadang mencari koleksi cangkir yang unik hanya dijual di IKEA Mega Bangna Bangkok, piring yang berbeda keluar di tempat lain seperti IKEA Hong Kong, selimut cantik hanya ada di IKEA Jepang dst. Collector edition bagi penggemar IKEA inilah yang bikin kalap. Kalau perlu beli tiket, beli tiket dah demi sekumpulan cangkir (wkwkwkw… Hayo siapa yang pernah mengalami?)

Disitulah maka tujuan wisata suatu negara bisa termasuk mengunjungi toko IKEA.

Lihat koleksi quilt cover di IKEA Australia tidak ada di IKEA Singapore misalnya, bisa memacu seorang kolektor IKEA di Indonesia terbang ke Australia tersebut selain berjalan -jalan. Aku pernah punya murid seorang ibu pejabat, selain beli tas yang memang diincar, jalan mengunjungi suatu negara, pasti dia ke IKEA dan membeli pernak pernik yang tidak ada di koleksinya.

Serunya lagi koleksi vintage IKEA bisa dijual dengan harga mahal di kalangan kolektor IKEA sedunia. Dan itu tidak satu dua orang tapi jutaan orang. Coba cek berbagai komunitas IKEA di internet, pasti kaget dengan jumlah pesertanya. Lebih 470 juta orang di seluruh dunia diperkirakan lalu lalang di toko onlinenya saja dari periode September 2007- September 2008 saja. Jadi jaman sekarang jumlahnya pasti lebih banyak.

Waktu IKEA buka di Indonesia, banyak kolektor dari seluruh pelosok Indonesia yang khusus dengan sabar mengantri dan bolak-balik ke situ. Bukan main. Lebih dari 30.000 orang mengunjungi hari pembukaan IKEA Indonesia saja. Jadi tahu ya kenapa IKEA menjadi salah satu tujuan traveling di berbagai negara.

Toko IKEA sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang mengasikkan. Serasa rumah-rumahan disana … Ini beberapa bagiannya
1. Bagian display ruangan, dimana berbagai furniturenya disusun menjadi mock up contoh ruangan dengan berbagai ukuran, sehingga kita bisa membayangkan seperti apa kombinasi susunan barangnya kalau kita beli di dalam ruangan ukuran sekian. Selain itu, toko juga dibagi menjadi bagian ruang makan, ruang tamu, ruang tidur, ruang kerja dan perkantoran, dapur, stationery, dan terakhir ruang anak-anak. Kalau kesini jangan asal datang, bisa-bisa semua diangkut. Kuatkan hati dan berdoa, semoga bisa dibawa pulang semua hahaha.
2. Market Hall yaitu tempat kita berbelanja dan memilih berbagai jenis barang, persis seperti supermarket. Disini kita bisa menemukan perlengkapan dapur, kamar mandi, perlengkapan kamar tidur dan berbagai jenis kain, aksesories seperti lukisan, lilin, pot bunga, karpet, kaca, lampu, seprai dan selimut dll. Waduh, peralatan dapur piring gelas dll itu menggoda iman dah, dan sebelnya tiap berapa periode dia akan ganti koleksi. Aku saja ke bagian Market Hall pasti ada yang dibawa, yang beruntung adik-adikku. Kalau bosan limpahannya tinggal dikirim hahaha, akunya belanja lagi wwkwkkww.
3. Warehouse, bagian furniture berat. Disini kita bisa mengambil sendiri semua furniture yang sudah kita pilih. Mereka tidak menyediakan orang yang mengangkut, karena itu harganya bisa ditekan jadi lebih murah. Hati-hati mengangkatnya bisa turun bero (hernia) disitu. Hahaha iya loh pegawainya saja pria pakai korset khusus agar tidak turun bero disitu.
4. Kasir, di beberapa negara tidak tersedia orang untuk melayani, jadi dari mulai scanning barang sampai bayar dan keluar dari area ini ya kita semua yang mengerjakan. Lucu juga main kasir-kasiran seperti waktu SD jualan minyak-minyakan dari daun kembang sepatu. Ada yang pernah main ini? Atau main jadi petugas bank.
5. Restoran, ini favorit juga. Kenapa ? Karena setiap IKEA beda negara, mereka akan menawarkan beberapa hidangan khas negara tersebut dengan ramuan yang lebih internasional. Di Indonesia sendiri, ada paket Rp. 10.000 untuk makan pagi. Itu oce dah. (Kalau nggak salah restoran buka dari jam 9 pagi sedangkan tokonya jam 10 pagi bukanya). Dia ganti-ganti menu, selain nasi kuning plus ayam, bubur ayam, bihun dan lainnya. Makan siangnya makanannya diubah lagi menunya. Selain itu koleksi kue-kuenya juga seringkali berbeda di tiap negara, dan rasanya yummy. Cobain cheese cakenya deh. Jadi laper ni. Minum sampai kembung juga boleh, hanya Rp. 7.000 isi ulang tidak terbatas. Tempat duduknya asoi dah… Kudu coba makan disitu sambil memandang keluar jendela kaca besar. Melihat pemandangan hijau-hijau.

6. Toko makanan, tempat pesan eskrim dan restoran berdiri. Kalau kita enggan makan banyak, makan saja disini praktis, yang terkenal adalah hotdognya. Di semua negara pasti selalu ada si hotdog ini. Disini juga menjual berbagai jenis makanan dari negaranya. Kue jahenya bisa semua dibawa pulang. Kalau lapar, mau makan gratis bisa disini, berkeliling pelan-pelan antara berbagai toples cicip sana cicip sini. Hihihi pasti kenyang dah. Modus ini mah … Asal jangan bawa rantang diisi sendiri ya hahaha. Tapi beli dibawa pulang buat di rumah lebih asik, sembari ngunyah depan TV.
7. Tempat bermain anak. Iya ada tempat bermain, daripada pusing bawa anak merengek-rengek sedangkan emaknya masih sibuk milih panci, nah titipin aja disitu. Tapi terbatas kalau tidak salah hanya satu jam. Soalnya kalau terus berabe, banyak emak-emak lupa diri di IKEA bisa 3-6 jam. Lah anaknya saja lupa ketinggalan apalagi suaminya. Nanti ketemuan bapaknya pas gosok kartu aja ya. Hehehe.
8. Customer service, pengambilan barang, pengiriman barang, dan pengepakan barang. Kalau ada apa-apa tanya saja kesini, termasuk pengembalian barang dengan syarat dan kondisi tertentu (lah gue kaya jualan haha). Barang besar juga bisa diambil dekat area ini. Selain itu jasa pengantaran barang juga ada disini. Kalau kita banyak membeli barang-barang kecil mungil, kita juga bisa membungkusnya disini. Modalnya selotip, gunting dan kertas koran. Bungkus deh. Ehhhhh TIPS PENTING : punya koran bekas numpuk di rumah? Daripada dibuang bawa kesini ditukar voucher es krim kalau tidak salah … Hehee… Lengkap kan serba gratis di IKEA, trade in kertas dan icip-icip kue wkwkwkww.
9. Area diskon kejutan  nggak jelas IKEA, maksudnya diskon nggak jelas itu gini loh, barang-barang penyok, lecet dikit, bekas display ditumpuk disitu dan didiskon suka-suka sama IKEA. Kadang-kadang kita menemukan harta karun disitu. Entah kursi bagus lecet catnya sedikit, lampu dlsb. Letaknya sebelum ngantri di kasir ya… Di semua IKEA ada. Lumayan banget kalau bisa dapat barang bagus. Cuma hati-hati ya jangan kalap. Karena beberapa barang IKEA mix and match kadang nggak ada pasangannya. Contoh daun meja keren bagus harga setengahnya, tapi pas cari bagjan kakinya hanya tersedia yang mahal, yang murahnya sudah habis. Ya iyalah peminatnya ribuan begitu. Bayangkan, dalam hari-hari ramai liburan misalnya, pengunjung tokonya satu hari bisa tembus di angka 20.000-30.000 orang. Jadi terbayang persaingan rebutan barangnya ya? Serasa ujian masuk PTN. Hahaha. Tips : Datanglah ke IKEA jam 9 pagi, atau sekalian setelah jam 7 malam. Kalau bisa janagn di akhir minggu, bisa-bisa stress ribuan orang mengalir masuk bersamaan.

Nah itulah sekilas mengenai IKEA ya toko favoritku sejak 35 tahun yang lalu. Selamat berburu barang asik disana … Dan jangan lupa cerita disini … Boleh komen dan boleh dishare kok ya…

Ini adalah salah satu iklan IKEA yang lucu di luar negeri. Tema utamanya ada lah Tidy Up (rumah harus selalu dalam keadaan rapih dan bersih) kalau tidak bisa berbahaya buat orang lain … Makanya katanya barang-barang itu kudu disimpan pakai IKEA… Selamat menikmati