Senang jalan-jalan? Belum punya kartu kredit ? Buat apa punya kartu kredit ? Nah sini deh baca, aku akan bahas

Kenapa sebaiknya kita memerlukan kartu jika sering melakukan perjalanan. Berikut ini adalah beberapa kemudahan yang diberikan kartu kredit untuk seorang traveler.

1. Untuk Booking lebih mudah. Booking apapun baik hotel, penerbangan, transportasi lain (bus, kereta, kapal) lebih mudah menggunakan kartu kredit. Apalagi saat ini, bertebaran banyak penawaran menarik dari berbagai apps di smartphone. Seringkali terdapat potongan harga yang cukup banyak jika kita melakukan transaksi dengan kartu kredit.

2. Mendapatkan diskon dan cicilan 0 persen untuk pembelian tiket pesawat. Kalau sedang ada pameran tiket murah, para pemilik kartu kredit bisa mendapatkan keuntungan berbagai macam. Salah satunya adaah kemudahan mencicil tiket sebelum keberangkatan dan tidak dikenakan bunga. Penawaran menggiurkan seperti ini tidak bisa didapat oleh orang ya membeli secara tunai. Selain itu juga diberikan cash back bisa sampai jutaan, dan juga biasanya ada potongan harga yang lumayan besar.

3. Untuk pembelian barang tertentu, ada cover asuransi yang dicover. Berbeda dengan uang tunai, kalau ada kerusakan tidak mendapatkan penggantian. Untuk fasilitas ini harus dicek ke tiap bank penerbit kartu kredit.

5. Menghindari kehilangan uang tunai diperjalanan. Membawa-bawa setumpuk uang tunai sangatlah tidak nyaman. Selain risiko kehilangan, juga bingung menempatkannya. Beberapa negara nyaris semua transaksi bisa menggunakan menggunakan kartu kredit seperti di Singapore dan Hong Kong. Namun di beberapa toko kecil, mereka biasanya masih tetap menggunakan uang tunai.

6. Praktis dan tidak pusing dengan kurs. Memang kurs kartu kredit lebih tinggi dibanding nilai tukar, namun dari segi convenience kepraktisan, tiada yang mengalahkan kartu kredit. Anggaplah nilai kurs yang lebih tinggi itu untuk biaya kita mendapat fasilitas eksklusif yang tidak bisa didapatkan dengan transaksi tunai.

7. Akses menunggu di lounge di bandara baik lokal maupun internasional serta mendapatkan makanan gratis. Kalau teman membeli tiket dengan uang tunai, teman tidak bisa masuk begitu saja ke lounge bandara. Namun dengan memiliki kartu kredit tipe tertentu, kita bisa duduk manis di lounge dan mendapatkan makanan gratis. Kalau dengan tunai biasanya tidak tersedia atau kita harus membayar dengan biaya tinggi.

8. Mengumpulkan point untuk ditukarkan dengan tiket gratis. Nah kalau ini sama sekali tidak tersedia dengan pembayaran tunai. Banyak sekali setikel yang membahas hal ini, dan harap diingat tidak semua kartu bisa mendapatkan fasilitas ini. Untuk tahu selak beluk bisa dibaca disini. Selain itu, pemakaian apapun dengan kartu tersebut akan mendapatkan point yang bisa ditukar dengan mileages penerbangan. Suatu saat jika sudah terkumpul, kita bisa tukarkan dengan tiket penerbangan nyaris gratis ke berbagai negara.

9. Dana tambahan untuk jika masuk rumah sakit darurat atau kecelakaan jika kita tidak membawa uang tunai. Kalau lagi apes kadang kita mengalami keadaan darurat yang memerlukan dana mendadak. Dalam hal ini, kartu kredit bisa memberikan kita akses untuk mengambil uang tunai di atm, atau untuk membayar rumah sakit dan obat-obatan. Bahkan evakuasi darurat jika kita mempunyai travel insurance yang terhubung dengan kartu kreditnya. Banyak kartu kredit menyediakan layanan concierge yang bisa kita kontak lewat telepon di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan.

10. Mendapatkan penggantian convenience kit fee dengan jumlah tertentu jika mengalami keterlambatan / delay selama beberapa jam di suatu negara. Jika koper kita menghilang entah kemana dalam suatu penerbangan dan kita membeli tiket dengan Visa / Master kita bisa menghubungi bagian travel concierge mereka 24 jam di negara tersebut untuk meminta penggantian uang toiletries. Syarat dan ketentuan berlaku ya. Jadi harap baca baik di web Visa / Master internasional.

11. Bisa menghubungi card travel service di setiap negara yang dikunjungi untuk mengatur perjalanan berikutnya atau jika ada emergency bisa meminta pertolongan mereka. Jangan lupa selalu mencatat nomor-nomor telepon mereka ini. Bisa dicek di web Visa / Master dan juga bisa kita tanyakan ke bank penerbit kartu.

12. Meyakinkan imigrasi bahwa kita bonafide dan punya cukup dana untuk di luar negri. Kadang-kadang imigrasi di negara tertentu menanyakan uang yang dibawa, nah tunjukkan saja kartu yang dimiliki, biasanya mereka langsung memberikan cap hahaha.

13. Diskon hotel tertentu pulihan persen atau gratis bermalam, yang tidak bisa didapat jika membayar tunai. Banyak hotel bekerja sama dengan penyedia kartu kredit dan memberikan harga-harga khusus di saat off season. Antara lain bisa berbentuk menginap 2 malam gratis 1 malam, diskon 40% sampai 70%, jumlah point rewards lebih banyak dll.

14. Diskon berbagai restaurant dan toko yang menjadi merchant / pedagang dari bank penerbit kartu. Lumayan lo kalau makan acara keluarga atau kantor, bisa berhemat banyak. Selain itu kalau ulang tahun kita bisa mendapatkan banyak gratisan dari pemakaian kartu kita di pelbagai tempat makanan atau outlet pakaian / sport dll. Kalau cerdik pada saat ulang tahun, kita bisa dibanjiri hadiah, diskon dan lainnya dengan menggunakan kartu kredit tertentu.

15. Cicilan 0 persen peralatan rumah tangga, elektronik, dan gadget. Nah ini dia nih godaan iman. Mana ada nyicil dah murah, jangka lama (12-36 bulan) dan juga tetap mendapatkan point yang bisa ditukar mileages pesawat. Tapi ingat ya, jangan sampai kalau semua dicicil. Tapi kalau pengantin baru ide bagus juga tuh. Uang tunai dari hadiah diendapkan di investasi misalnya, lalu seluruh kebutuhan rumah baru dicil saja semua yang 0 persen. Hahahhaa. Ingat ya jumlah total keseluruhan cicilan maksimal 60 persen dari pendapatan.

17. Untuk credit history ketika mengajukan KPR/ KPA dan segala jenis kredit lainnya.

18. Bisa cicil motor 0 persen juga kalau lagi ada promo. Bank biasanya akan memeriksa credit history kita jika kita mengajukan pinjaman. Kalau kita belum pernah punya hutang, biasanya mereka lebih sulit memberikan pinjaman. Tapi kalau kita banyak hutang tapi bisa mengelola hutangnya dengan baik, malah pinjaman akan datang dengan mudah. Aneh ya ? Ya begitulah caranya. Jadi berhutanglah yang bijak.

Nah asik kan pakainya. Tapi jangan lupa selalu sediakan uang untuk membayarnya ya …

Jadi selalu siapkan data ini jika ingin melakukan klaim
1. Copy kartu
2. Copy paspor
3. Copy tiket dan itinerary
4. Jika ada keterlambatan atau kehilangan bagasi mintalah surat tertulis dari airlinenya sehingga bisa segera diproses Visa / Master concierge di negara tersebut. Keterangan lebih lanjut harap dibaca di peraturan kartu kredit masing-masing
5. Nomor telepon kontak Visa / Master internasional untuk keperluan darurat
6. Copy struk pembelian tiket itu dengan kartu kredit yang terkait.

Takut kebablasan memakai kartu kredit ? Ikuti teknik berikut ini.

Ok teman-teman, sudah jelas kan kenapa kartu kredit itu jadi senjata utama jika teman senang jalan-jalan