Lanjut ya, ini adalah daerah lainnya di Singapore yang menjadi pusat kunjungan, terutama untuk berbelanja. Untuk museum dan taman hiburan akan dibahas di artikel lainnya.

F. Brass Basah
Brass Basah ini sebetulnya lebih banyak perkantoran dan hunian disini. Namun, ada satu bangunan yang istimewa disini.
Brass Basah Complex. Di sini tempatnya semua perlengkapan seniman ada. Kalau anak-anak atau teman sendiri suka dengan art, melukis, mematung, dan lain sebagainya nah wajib kudu mesti berjalan di area ini. Jangan lupa bawa koper kosong. Disini tempatnya semua peralatan melukis dan lainnya bertebaran. Dari seluruh dunia, merek apa saja ada. Waduh bisa pusing deh, semua merek cat, cat air, kanvas, kuas, buku-buku interior design, buku teknik melukis, apa juga ada di sini semua. Dan tidak hanya satu toko, tapi banyak sekali. Bagi penggemar buku novel second, disini juga ada tokonya (cuma cek lagi ya jangan-jangan sudah tutup). Bukunya disusun berderet-deret dengan rak sampai ke langit-langit toko, dan pakai katalog. Waduh surga unutk pembaca buku juga. Seringkali kita bisa menemukan berbagai buku langka. Kalau lagi nyeninya datang aku cuma ubek-ubekan disini, memandangi berbagai buku interior design dan juga buku tentang gardening, melukis dan lainnya.

G.Litlle India
Ini juga wajib didatangi. Little India adalah tempatnya etnis India berkumpul dan berdagang, seru sekali. Makanan muslim juga banyak bertebaran di area ini. Kari ayam dan lain-lain asoy dah. Slurrpppsss jadi lapar … Jadi jangan salah, banyak sekali toko bernuansa India, selain restoran juga pakaian, bahan kain, rempah-rempah, lalu produk-produk India lainnya. Senang sekali disini, berwarna-warni dan sangat bisa di foto. Kalau ada acara Depavali Festival nah makin gemerlap di kawasan ini dengan berbagai hiasan lampunya.

Ada satu tempat yang biasanya menjadi tujuan turis disini. Kalau orang Indonesia, sudah tumplek blek disini tengah malampun. Satu toko besarrrrrrr sekali namanya Mustofa Center. Dulunya tokonya tidak seluas sekarang, tapi lama kelamaan dia beli kiri kanan dan juga ke belakangnya, akhirnya jadilah kompleks besar disitu. Itu toko 24 jam buka. Idaman deh. Kalau tidak bisa tidur, nah mendingan dugem di sini, hahahaha. Penukaran uang terbaik di seluruh Singapore adalah disini. Selain itu, mau nyari apa juga ada disini.

Kompleksnya terbagi atas beberapa bagian dan lantai. Di  bagian depan adalah toko emas-emas (emas beneran ya bukan mas Jawa), bling bling similikiti. Heboh kalau mau beli disitu. Di situ juga ada bagian peralatan elektronik dan juga money changer.

Bagian berikutnya adalah toko utamanya, bagian bawah dimulai dengan toko kamera, jam tangan, peralatan elektronik, handphone, lalu bergeser ke belakang adalah perlengkapan mandi, toiletries, dan kosmetik. Mau nyari sabun bentuk apa juga ada belum lagi shampoo dan lainnya. Sampai di bagian belakang, paling ujung, adalah segala macam vitamin dan suplemen. Dari mulai koyo sampai obat penumbuh rambut lengkap ada semua disitu. Mau nyari sikat gigi model apa ada semua, minyak gosok dari mulai bau kesemek sampai ka bau wewangian surgawi ada semua disitu, mau ditempel, digosok, dipoles ada deh pokoknya. Yang belum ada obat gosok yang dilempar gitu loh. Hahaha. Dan harganya emejing beibeh dah. Vitamin di Jakarta sebotol bisa 900.000 nah disitu bisa hanya setengah harga dengan isi lebih banyak. Tuh ya suplemen awet muda bertebaran disini. Penghilang kerut merut. Ayo buruan kesana.

Yang banyak orang tidak tahu adalah turun satu lantai ke bawah. Disitu perlengkapan olah raga, sepatu, ransel, perlengkapan travel, baju-baju olah raga, alat musik semua jadi satu. Surga deh, kadang-kadang bisa menemukan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Naik ke atas, masih seru juga, coklat, permen, koper-koper, peralatan interior, makanan, aromatherapy dan lain-lain bercampur aduk jadi satu disini. Seru habis. Beras saja bisa ada 30 macam kali tersedia disitu. Mau merah, kuning, hijau ada semua. Belum lagi semua segala jenis camilan. Waduh kalau kesini pokoknya bawa koper kosong.

Oh ya di luar bagian belakang, disana ada travel bironya juga. Dan kadang harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada kita pergi dari Indonesia. Coba deh iseng kesana cek-cek tiket ke Eropa, Afrika dan Amerika, pasi kaget soalnya mereka bisa kasih harga jauh lebih murah.

Sudah selesai ??? Ternyata belum, tidak kalah dengan bandara kita yang namanya ultimate, disitu juga ada Mustofa extension … Besarnya ? Wasalam deh sama besar dengan yang pertama. Isinya ? Nah ini dia, bagian bawahnya kosmetik dan perfumes. Gila-gilaan ngasih harganya … kadang-kadang beli dua dapat diskon banyak. Pokoknya bisa kantong bolong beneran disini. Kalau capek jalan-jalan seharian nah kesini saja, uji coba perfumes seperti aku, hahahaha. Nanti keluarnya wanginya bingung, kiri kanan depan belakang wanginya beda semua. Sini lebih emejing dibandingkan gedung satu. Yang namanya vitamin dan kosmetik,dikelompokkan berdasarkan jenis, perusahaan yang mengeluarkan dan disusun di rak berdasar abjad. Hebat !!! Seperti masuk perpustakaan vitamin. Kosmetik juga demikian. Jadi kita tinggal cari misalnya apa eyeliner… nah tinggal cari disitu rak mana, deret mana lalu lihat dari atas ke bawah ada merek apa.

Disitu juga, selain suplemen, juga tersedia peralatan kesehatan. Kadang-kadang yang tidak kepikiran deh. Banyak yang tidak tersedia di Jakarta.

Lantai atasnya itu supermarket. Duh supermarketnya, yang namanya susu saja bisa puluhan merek tersedia disitu. Belum buah-buahan dan lainnya.

Asik ya… itu destinasi wajib kalau ke Singapore, daripada beli-beli di Orchard, mendingan menghabiskan waktu disini. Seru.

H. Tampines
Tampines itu sebetulnya seperti kota satelit kecil dari Singapore kota. Letaknya tidak jauh dari bandara. Kalau mau kesitu juga bisa banyak terdapat pertokoan. Begitu keluar dari stasiun kereta, kita bisa langsung berkeliling ke Tampines Mall, daripada belanja di Orchard yang sibuk, disini bisa menjadi salah satu pilihannya. Disini banyak terdapat makanan tradisional Singapore juga. Dari stasiun kita juga bisa langsung antri shuttle bus gratis menuju 3 tempat IKEA Tampines, Court & Giant, yang terletak berdekatan. Koleksi IKEA disini paling lengkap dan banyak barang baru tidak masuk ke IKEA Indonesia. Court merupakan toko leketronik dan interior yang besar sekali. Giant sih supermarket ya.

I. Harbour Front, Vivo City, Sentosa Island & Universal Studios
Harbour Front terletak persis di seberang Pulau Sentosa. Disini sebetulnya terdiri dari dua mall Vivo City dan Harbour Front. Kalau kita menyeberang dengan ferry dari Batam, maka kita akan mendarat di pelabuhan ini. coba berkeliling di Harbour Front, ada beberapa toko baju yang menawarkan baju dengan harga-harga murah. Vivo City Mall besar asik, dengan banyak restoran yang menghadap ke laut dan juga toko-toko ritel besar. Dulu disini ada toko buku Page One yang hips. Sayangnya sudah tutup.

Dari sini kita bisa menyebrang ke Sentosa Island untuk bermain seharian disana. Tentunya Universal Studios menjadi salah satu tempat yang dituju, selain banyak tempat lainnya di Sentosa. Di Sentosa banyak tempat yang berbayar dan ada juga yang tidak. Untuk ke sana kita bisa membeli tiket monorail di Vivocity. kalau bekum berubah harganya adalah $4 sekali jalan pp.
Nah kira-kira di Singapore itulah berbagi tempat kita bisa berbelanja dan berwisata ya… ada beberapa tempat lainnya, namun tidak sepopuler tempat-tempat diatas. Nah selamat berjalan-jalan ke Singapore.