Berikut ini adalah seperangkat gadget dan buku catatan yang selalu aku bawa kemanapun, Berguna sekali kalau untuk mendesain web dan pekerjaan lainnya.

1. Ipad Mini 4, berguna sekali untuk mengedit semua foto dan video. Kadang terlalu libet untuk bekerja dengan laptop jadi aku mengandalkan Ipad Mini 4 untuk editing Video. Kenapa Ipad MIni 4? Karena processornya yang cepat dan appsnya banyak. Selain itu handy pula, tidak seberat saudaranya Ipad Air. Tampilannyapun kini Retina Display. Nabungnya 2 tahun hehehhee…

2. Mac Book Pro Retina Display. Sebetulnya menggantikan Mac Book Pro lama aku. Kalau untuk editing Audio Visual udah asik deh. Kenapa Macbook? Aku stress pakai windows terlalu libet dan speednya ok pakai Macbook Pro ini. Kebanyakan untuk desain Web, karena masih tidak bisa mendesain web seperti wordpress dan joomla langsung dari Ipad. Program tukar tambah barang lama, yang lama dijual yang ini beli cicilan 0 persen.

3. Iphone 6, dulu pakai Samsung lama lama sering crash pindah ke Iphone. Hampir 90 persen foto yang dihasilkan dibuat dan diedit dengan gadget satu ini. Juga beberapa rekaman video. Lama-laam tapi memory penuh ya, walau pakai cloud. Akhirnya harus memikirkan kamera yang simple. Program cicilan dong 0 persen hihihi.

4. Colokan kabel dengan 2 port, satu untuk kabel lighting satu untuk kabel android. nemu di Sarinah, deket situ ada toko pernak-pernik Glodok apa namanya. Segala rupa kabel dan colokan ada disitu. coba deh kesana pasti seru … Nggak mahal juga, kepake banget dah buat kemana-mana

5. Mouse, murah nemu di Pattaya, ada satu toko khusus mouse, powerbank, casing dan segala kabel. Pusing disitu semuanya asik, langka dan aneh2. Kerja pakai Macbook Pro tanpa mouse malahan lebih lama.

6. Bolt, andalan koneksi di Jakarta. Tiada pilihan soalnya. Kudu bolt, sayangnya koneksi kalau udah kelamaan doi ikutan stress, ngambek seperti hari ini. Hiks. Seandainya seperti Japan Wifi kemarin asik dah. Disini speed 4G sama kaya speed 3G di Jepang hahahhaa.

7. Microsoft universal keyboard. Kalau lagi males pakai Macbook dan kemudian mau ngetik cepat dengan Ipad nah pasangannya ini, handy, kecil dan ringan. Dan bisa diandalkan. Nemu di Singapore di Challenger. Ok banget.

8. Mousepad – nemu di Scoop Grand Indonesia. Dasar rejeki anak soleh, diskon 50 persen. langsung deh beli. Sebelumnya punya spiderman dan lainnya. Entah dimana, pembokatku selalu pintar beberes, saking pintarnya semua barang hilang entah ditaruh dimana. kalau ditanya nggak tahu. daripada gue spanning suruh nyari, keburu gak kerja, mendingan beli aja.

9. Frixion, Jetsream dan Caran D’ache Pen. Frixion dan Jetsream itu merek Jepang. Frixion bolpen bisa dihapus. asoi dah kalau dipake nulis journal, salah hapus saja. Jetsream dipilih karena enak ditulisnya di Gramedia banyak. Caran D’ache nggak masuk disini, beli waktu di Spore Takashimaya. Murah sih untuk bolpen merek gitu. Gile dah dipakenya enak sekali, nulis bisa meluncur. Satu lagi jatuh berapa kali juga hayo aja, nggak beloboran tintanya.

10. File Journal Kerja – Covernya nemu di Tokyu Hands Osaka, murah meriah banget, bisa copot-copot isinya dan diganti dengan isi Filofax. Isinya Agenda, Catatan Idea, Catatan Web Project (semua yang berkaitan dengan Internet disini), Catatan Pikiran impulsif (hahahhaa aku soalnya impulsif banget jadi kudu menerapi diri sendiri), Catatan Pengeluaran, Project Check List, Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun), Kantung sisa duit belanja, Tempat kartu-kartu membership. Sekali bawa semua urusan ada disini semua. Isinya bisa diisi ulang dan dibedakan berbagai kebutuhannya. Seru. kaya buku catatan Loose Leaf Maruman itu loh.

11. Daily Journal – Ini Hobonichi Techo edisi 2016. Banyak di Jepang, tapi aku beli online. Banyak pilihan. sempat beli dua kali karena yang pertama kerendem air. Hiks beli lagi dah. Isinya : Catatan harian, catatan emosi, Catatan keinginan (hahahhaa banyak dehhhhh… biasanya awal tahun aku tulis semua mau ini itu, nanti tinggal sortir), Catatan efektif apa nggak aku hari ini, Catatan perjalanan, dan Hal yang mengesankan sehari-hari, sama satu Gratitude Colums. Tiap hari aku memaksa diriku menulis terima kasih atas KaruniaNya. Apapun bentuknya, mau sampai di rumah lebih cepat, mau nemu combro enak, mau ngobrol asik, dll. Belajar untuk selalu berterima kasih atas kehidupan ini. soalnya kalau dah dikubur mana sempat nulis ya hahahhaa.

12. BOSE quiet comfort earphone. Wajib kudu musti harus bawa ini. Kerja dimanapun, seribut apapun tinggal colok dah, lalu nyalakan quietnya dan voilaaaa tiba-tiba sunyi senyap di sekeliling. Kadang aku pakai hanya untuk memblok suara berisik di kafe tanpa pakai lagu. Sehingga otak jernih dan bisa menulis banyak. Harganya mehong jujulipatong ini mah … Waktu pertama beli langsung bengek dah 3 hari hahahaha. Mikir 2 minggu untuk uang segitu cuma earphone oce kagak. Ternyata nyerah dibeli juga. BOSE merupakan teman setia selama 3 tahun terakhir. Harga sesuai kemampuannya. Tanpa dia mungkin aku tidak bisa berkonsetrasi.

13. Canon PowerShot N2. Camera handy oceh bener. Sejak awal tahun aku menggunakan ini, dapatdi Singapore, di Indonesia nggak masuk, untuk vlogger dan blogger pas banget, dan sesuai dengan karakter aku yang nggak mau libet bawaan. Buat selfie asoi banget, karena layarnya bisa dibuka.

Nah teman-teman kira-kira itulah gadget utama aku. Selain itu masih ada beberapa lainnya. Nanti akan dibahas di artikel berikutnya.

 Canon Powershot N2 & kantong kabel