Sambungan sebelumnya tentunya …
4. Bikin pasport
Hedeh jaman gini masih banyak loh yang belum punya pasport. Ini siapin dulu sebelum order tiket dan penginapan. Jangan kebalik ya, banyak orang heboh heboh dengan paket jalannya taunya paspornya kadaluarsa atau belum punya paspor. Kalau nggak mau pusing tinggal kontak banyak travel biro yang bisa urus kok. Kita tinggal datang pada saat foto dan tandatangan saja. Hemat waktu, tenaga dan uang daripada ngurus sendiri. Bisa nunggu 8 jam dah kalau sendiri. Terbuang seharian. Buat yang belum punya ini tipsnya : BUATLAH ELECTRONIC PASPPORT. Jangan yang biasa … Lebih mahal memang 2 kali lipat. Cuma untuk di bandara kita bisa langsung lewat Autogate tanpa harus antri, dan ke Jepang kita tidak perlu bayar visa. Akan menyusul negara-negara lainnya. Deplu sedang berjuang keras tuh mengurus agar pasport Indonesia laku di berbagai negara tanpa visa. Jadi kalau misalnya Eropa, Australia, Amerika suatu hari bebas visa bagi pemegang pasport elektronik nah nyesel dah. Harga resminya 660.000. Cari info di google ya. Aku tidak berbaik hati untuk memberikan link imigrasi dan persyaratannya hehehehehe. Banyak kok di site lainnya silakan dicek.
5. Checklist
Ini paling penting kalau menurutku sebagai orang pikunan. Tulis semua yang dibutuhkan, dibawa dari yang nggak penting banget sampe yang palinng penting … Buat prioritasnya. terutama wanita, mau pergi tiga hari kopernya 2 koper hahahahahaha, sampe sana nyesel tuh, tak gendong kopernya. Ini aku punya kenalan jalan ke Turki 5 hari, sakit jiwa liatnya hahahaha. Pashmina bawa 30 itu gimana cerita, kacamata sunglass 12. Teman satu lagi takjub aku dah, mau berenang ni ke Citos, belum sampai ke luar negeri ni, krim kulit bawaannya 20 macam. waktu jalan dengan dia Ke Hong Kong astaga itu waktu berangkat saja kopernya nggak kalah sama orang Umroh. Yang gak perlu dibawa semua, takut perlu katanya. Ada satu Madame kenalan saya kalau ke Eropa kopernya 10 hahahahahaha. Padahal hanya pergi berdua. Ya prioritas tiap orang berbeda sih, tapi itu biasanya 5 koper nggak kepake juga hahahahhaa.
5. Buka mata, buka pikiran, buka wawasan jangan maen hp sampe di tempat orang hehehe.Ini penting banyak orang Indonesia culture shock sampai di luar negeri lalu jadi kamseupai binti liung ci sepa (kampungan). Lain belalang lain rumputnya ya (eh bener nggak nih ahahaha maklum urusan pantun2an gue dapet 4 dulu di SD). Sebelum pergi siapkan diri dengan perbedaan budaya ini, jangan lalu dijudge nggak-nggak. Di Perancis semakin kenal seseorang bisa cipok kiri kanan kiri kanan pipi berkali kali semakin deket kitanya semakin banyak ciumannya. Juga dengan teman sesama pria. Lah masa mau dikomentari gay orangnya hahahahaha hanya karena kita tidak tahu dengan kebiasaan mereka. Sama saja seperti orang luar akan kebingungan lihat cara kita misalnya makan otak di rumah makan Padang, atau sate anunya kambing. Mereka bisa shock juga hahahaha. Aku pernah bawa temanku bule London ke Sate kambing di daerah Menteng … Dia terkaget-kaget ada makanan seperti itu sementara kita kan biasa saja. Nah tuh dia mental kita penting ya siap. Sama juga misalnya kita berkeliling Indonesia dengan budayanya yang beraneka ragam. Budaya di satu tempat mungkin menurut tempat lain bisa bikin kejutan besar. Seperti kebiasaan orang di Papua makan ulat atau ada yang lewat pakai koteka. Ya biarin aja, jangan disuruh tiba-tiba pake burka kali ya. Stress nanti mereka. Nah orang jawa jangan kaget deh. Jadi PENTING siapkan mental
Nah selamat bersiap-siap dan yang penting nikmati perjalanannya ya kawan