Ih gila lo udah jalan kemana lagi dah ? Hehehe… Nah itulah komentar teman kalau ketemu. Wah asik ya dunia lo, jalan-jalan melulu. Banyak duit ya bagi-bagi dong (nah ini yang nggak enak hahaha). Amin amin biasanya begitu responku. Pada nggak tahu aja ada rahasia besar di balik itu.

Ya sekarang bukan rahasia lagi dah … Caranya adalah mengumpulkan mileages dari satu penerbangan TANPA PERNAH TERBANG DENGAN PESAWAT ITU. Nah bingung kan … Iya kalau dulu kita harus terbang dengan satu maskapai lalu apply membernya dan mulai memgumpulkan mileages pointnya.

Baca dahulu  artikelku mengenai Enam Tips Memilih Kartu Kredit Traveler, paling tidak  bisa lebih mengerti  katu mana yang paling cocok.

Di artikel ini aku mencoba merangkum berbagai cara cepat untuk mengumpulkan point miles untuk frequent flyers melalui kartu kredit.

Ini kiat-kiatnya :
1. Otomatiskan semua billing bulanan teman ke dalam satu kartu traveler utama. Aku misalnya menggunakan Citi Premier  sebagai kartu utama. Billing apa yang dimasukkan? Banyak…. Tagihan bulanan listrik, air, telepon, tv kabel merupakan beberapa billing otomatis yang dibayar oleh kartu kredit dan mendapatkan point. Lainnya ada langganan HP baik bulanan maupun isi ulang, jika teman mempunyai suami, istri, anak-anak yang memakai HP, nah masukkan semua pembelian kesitu. Selain itu juga yang bisa dimasukkan ke billing adalah langganan internet, asuransi, maintenance dan sinking fund jika tinggal di apartemen, dan lainnya. Kreatiflah untuk memeriksa tagihan apa saja yang bisa dimasukkan untuk billing otomatis. Jika memungkinkan uang sekolah anak mungkin bisa dibayar dengan kartu? Dana pensiun ? Dana tunai lainnya? Beberapa kartu memperbolehkan kita untuk mentransfer dana berlangganan untuk keperluan seperti ini. Cek disini kartu-kartu frequent flyers pilihan aku (kalau nggak cocok ya gak papa, kan selera masing-masing) 3 Kartu Kredit Sakti di Indonesia Untuk Traveler

2. Belanjalah di satu supermarket langganan dengan memakai kartu itu … Belilah semua pembelian mingguan, 2 mingguan, dan bulanan hanya dengan kartu itu. Jangan dipisah pisah pindah pindah kartu biar gaya. Yang ada nanti pusing dengan billing.

3. Lakukanlah triple (3x) atau quadruple (4x) transaksi point. Maksudnya ? Gini ya. Semisalnya teman di Jakarta, aku misalnya, aku member Grand Indonesia. Setiap pembelanjaan disini akan mendapatkan point. Jadi aku akan berbelanja di supermarketnya, atau di Ace Hardware. Setiap pembelian jumlah tertentu maka akan mendapat point di Ace Hardware, lalu bonnya bisa ditukar point member Grandi, dan karena dibayar dengan Citi Premier, otomatis akan mendapatkan point juga. Hehehe. Setiap ulang tahun, point Grand Indonesia aku tukar buat dapat voucher belanja baju, point Acenya aku pakai dapat voucher buat beli barang lainnya, dan point Citi aku tukar buat kado ultah jalan-jalan ke Bali atau luar negeri. Nah itu namanya transaksi triple point.

4. Be creative… Jalan dengan teman mau belanja ? Ada yang mau beli kulkas, tv, ac, dlsb? Nah gampang pakai kartu kita, dia tinggal kasih tunainya hehhee. Kalau ada fasilitas cicilan kasih saja sepanjang orangnya bisa dipercaya. Point kita langsung bertambah.

Waktu aku les Perancis, hobi aku kalau sesi bayaran awal term, aku cegat teman sekelas supaya bayar lewat aku; lalu aku tinggal jegrek kartunya di kantor administrasi CCF / IFI sekarang. Hahahahaa nggak pake belanja banyak sehari menjaring 5-6 orang bayar pake kartuku kan asik qiqiiqqi.

5. Lakukan semua transaksi sebisa mungkin dijegrek pakai kartu itu. Termasuk pembayaran taksi kalau memungkinkan, mengisi bensin dan lainnya. Kalau ke Singapore, taksi bisa dibayar dengan kartu kredit. Di Jakarta bensin bisa dibayar dengan kartu kredit, Kalau ke Bangkok hampir semua jenis pembelian berapapun di 7-11 bisa kita jegrek pakai kartu kredit.

Nah masih banyak cara kreatif untuk berburu point.

Lalu si gunungan point itu dikemanakan ? Jangan ditukar panci ya ibu-ibu, atau termos. Gile aje…. pilih dan daftar di 3 kartu frequent flyers pilihanku ini. Kan katanya buat jalan-jalan.  Nah makanya jangan lupa baca yang ini ya 3 Top Frequent Flyers Untuk Traveler Indonesia

Kalau mau yahut sampaikan bandingin kartu-kartunya cek disini deh Perbandingan Penukaran Point Miles Kartu Kredit Travel Signature & World di Indonesia

Selamat berburu point dan menikmati perjalanan.

Catatan tambahan : berkenaan dengan peraturan pajak terbaru… sepanjang teman-teman membayar pajak dan memiliki NPWP, tidak usah khawatir… Yang heboh kalau tidak pernah setor pajak…

 

Photo via   1  &   2