Singapore Great Sale adalah event yang ditunggu-tunggu semua orang. Bukan hanya orang Indonesia, tapi juga dari seluruh dunia. Karena kita bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga miring. Walaupun di Jakarta sudah ada toko-tokonya yang sama, tetap menarik karena mereka juga menawarkan GST REFUND atau pengembalian pajak untuk turis. Selain itu jenis barang yang lebih beragam pilihan, dan koleksi barang, biasanya terbaru, belum masuk Indonesia. Juga ada tambahan diskon bagi turis. Tanyakan hal ini di information center Arrival Hall di Bandara.

Untuk bisa berbelanja asik disana inilah beberapa kiatnya :
1. Jangan bawa baju terlalu banyak, tidak terpakai. Karena pasti heboh beli baju disana.
2. Bawa koper kosong beroda atau isi koper hanya setengahnya. Ukuran 25 liter ideal. Bawalah ketika berkeliling. Gunanya? Setiap berbelanja barang masukkan situ semua, tinggal tarik. Praktis daripada bawa kantong-kantong belanja terlalu banyak.
3. Buat daftar belanjaan dulu dari sini mau cari apa saja, karena semuanya menggiurkan. Bisa-bisa impulsive buying semua dibeli.
4. Berbelanjalah di daerah lainnya, jangan hanya di area Orchard. Selain lebih sepi juga kadang menemukan toko dengan koleksi yang tak terduga.
5. Eforia masal Singapore Great Sale dimulai saat kita menjejakkan kaki di Changi bukan saat masuk kota. Kelilingi Changi untuk mendapatkan gambaran perbandingan harga. Jangan terjebak belanja dulu. Belanja di Changi hari pas pulang saja. Terutama kosmetik, perfumes dan minuman.
6. Vivo City dan Harbour Front adalah dua mall bersebelahan. Juga dekat dengan Universal Studio. Tapi harganya bisa jomplang banyak. Ada berbagai toko-toko kecil di Harbour Front. Cek kesana.
7. Di Changi sendiri ada mall, supermarket dan foodhall di bawah terminal 3. Datang ke Changi 4 jam sebelum pulang, untuk sempat melihat-lihat disini.
8. Cek selalu tagihan kartu kredit, tidak semua toko jujur, selalu ada oknum yang memanfaatkan kartu kita jika kita lengah. Cek dan ricek. Pernah kejadian billing aku bertambah dengan belanjaan barang tak dikenal. Jadi hati-hati.
9. Jangan pernah lepas kartu kredit di luar pengawasan. Cek selalu dan catat semua perbelanjaan.
10. Sedapat mungkin, Hindari berbelanja elektronik di Sim Lim Square. Sudah banyak kejadian penipuan disini.
11. Pilihan berbelanja elektronik di Lucky Plaza, Best Denki, Challenger. Lucky Plaza hati-hati juga tokonya suka kasih harga asal, terutama untuk kamera.
12. Daerah Raffles City, City Hall menawarkan banyak toko-toko kecil dan restoran. Kadang ada toko mau closing, nah disitu bisa dapat barang-barang asik.
12. Daerah Bugis Junction merupakan pilihan lain untuk berbelanja barang-barang hips, terutama untuk anak muda. Disana dibagi beberapa zone. Di area dept store koleksi wanita dan pria boleh dicoba ubek-ubek, karena disana banyak menawarkan barang-barang dengan harga miring. Di alleynya kiri kanan ada Bossini dan Giordano dan brand lainnya. Di daerah Peninsula disana kalau tidak salah juga ada toko harga miring Bossini cek dah. Mau cari oleh-oleh – tinggal nyebrang jalan, disitu tempatnya.
13. Kecuali nyari barang kualitas bagus dan super bagus, hindari belanja di ION, Takashimaya, CK Tang. Selain padat orang, harganya juga masih tinggi. Eh perfumes masih ok belanja di CK Tangs dan Kitchen appliances
14. Ingin sesuatu yang berbeda ? Pergilah ke Jurong … Disana ada factory outlet. Juga di dekat Bandara setelah Exhibition Hall nah disitu juga ada mall FO… Jarang sekali orang Indonesia beredar disana.
15. Tampines dekat dengan bandara, keluar dari interexchange tanah merah tapi kita ambil kereta ke arah Tampines, situ juga banyak mall dan bisa ke IKEA, Courts dan Giant dalam satu lokasi. Courts itu electronic center, di Indonesia dia buka di Bekasi.
15. Mau murah meriah pilihan banyak? Little India jadi pilihan. Disana ada Mustofa 24 jam buka. Elektronik, mas, obat2an jadi primadona disana. Lainnya turunlah ke lantai-lantai basement, pakaian olah raga, sepatu banyak pilihan. Naiklah ke atas, makanan dan coklat bertebaran dengan harga lumayan terjangkau. Hati-hati jangan kalap copet kadang-kadang masih ada.
16. Marina Bay area, kalau tidak terpaksa atau memang niat mencari sesuatu jangan belanja disini. Harganya lebih mahal dari Orchard.
17. Watson dimana mana, biasanya mereka menawarkan toiletries, perawatan badan dengan harga gila-gilaan. Nah ingat sabun2 cair tidak boleh dibawa ke kabin ya.
18. Kalau niat belanja saat Great Sale lupakan wisata lain, nggak bakalan sempet 😀😀😀.
19. Sediakan koyo dan minyak urut buat pas pulang ke hotel.
20. Kalau sudah mau barang di satu tempat,
Masih ragu2, catat. Kalau masih mimpi dan kepikiran selama menginap disana, balik lagi dan beli hehehehee. Soalnya biasanya suka susah dapatnya lagi. Terutama sepatu dan tas.
20. Kalau barang tidak ada di satu toko, kita bisa minta salesnya cek di toko lain. BISAAAA. Mereka sudah terbiasa seperti itu, beda sama toko-toko di Indonesia. Kalau perlu diorderkan, dan kita tinggal ambil di toko lainnya. Enak kan.
21. Untuk toko-toko brand biasanya diskonnya jarang. Lalu koleksi mereka terkini dah yang akan sampai ke Indonesia beberapa bulan selanjutnya dengan harga lebih tinggi karena pajak. Jadi cek dan ricek. Kalau masih sempat bisa ke Hong Kong sana sajalah belinya hahahahhaa, soalnya taxnya lebih rendah …
22. Ingat ini suka lupa SETIAP PEMBELIAN $100 ke atas, minta isian form GST REFUND. Lumejen balik tax di bandara. Kalau mau lakukan ini ke bandara minimal 3-4 jam sebelumnya. Kenapa ? Karena kita harus menukarkan dan ada pengecekan barang. Dan antriannya bisa lama, belum check in proses. Kalau datang mepet biasanya nggak keburu tuker. Kalau barangnya besar, sebelum check in area imigrasi, di luarnya kita harus cek barangnya dulu dan ambil resi redeem pajaknya. Kalau kecil biasanya langsung di dalam area setelah imigrasi.
23. PERHATIKAN : semua barang harap dilepas label harga, merek dan bungkusan dan kemasan, di koper campur dengan barang kita lainnya… Kenapa ? Untuk menghindari pertanyaan libet bea cukai. 😀😀😀.

Ok ya teman … Happy shopping… Silakan share buat teman lainnya. Kalau mau komentar juga boleh di bawah.

 

photo via 1