Waduh … Naik MRT Di China ? Nyasar nggak ya ? Kan bahasanya bahasa Kho Ping Hoo siaw lim pai begitu ? Nah dengan pemikiran seperti itu, dimulailah petualangan di Guangzhou China, berkeliling kota dengan memakai MRT.

Eh tidak tahunya … Mudah sekali MRT disana, tidak seruwet di Paris, Frankfurt atau Tokyo. Rupanya mereka mendesain MRT dan mesin tiketnya agar semudah mungkin digunakan orang asing. Selain bahasa Mandarin, semua petunjuk arah dilengkapi dengan warna dan nomor, dan bahasa Inggris. Jadi sangat mudah sekali untuk dihafalkan. Disana namanya Metro ya … Jangan Sebut MRT.

Selain itu, ada berbagai kejutan lainnya disana. Di antaranya keretanya modern, bersih dan sangat dingin. Rupanya teknologi Jerman yang mereka pakai. Sangat membantu ketika tiba dari luar stasiun dengan cuaca panas yang menyengat. Juga harganya sangat murah mulai dari 2 yuan (Rp. 4.200) sampai sekitar 10 yuan. Tapi kebanyakan berkisar antara 2-3 yuan saja. Stasiunnya sendiri kebanyakan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan. Seru sekali. Begitu keluar maka kita akan disambut oleh ratusan toko dimana-mana. Dan banyak sekali brand China yang tidak ada di luar negeri.

Tadinya aku berpikir, wah stasiunnya palingan biasa saja, eh ternyata salah. Malahan luar biasa. Aku mulai perjalanan dari East Guangzhou. Stasiun ini terintegrasi dengan stasiun antar kota dan antar negara, lalu stasiun bus dan kemudian pertokoan, supermarket yang gedenya nggak kira-kira. Berkeliling disitu saja sudah bisa satu hari sendiri.

Beberapa hal berikut adalah beberapa kiat untuk bisa berkeliling Guangzhou dengan cepat tanpa harus nyasar :
1. Untuk memudahkan, pertama kali akan mengendarai MRT disana mintalah peta MRT gratis ke petugas yang berjaga di loket. Petanya kecil tidak terlalu besar. Di dalamnya kita bisa melihat berbagai jalur ke berbagai arah, berwarna dan nomor jalur tersebut.
2. Belilah tiket di mesin yang ada. Koin sangat berguna. Mata uang kertas 5 dan 10 sangat dipakai sekali. Tekan petunjuk dalam bahasa Inggris, maka semua keterangan akan keluar dalam bahasa Inggris. Geser layar dengan jari untuk mencari arah line yang tepat. Tiket yang keluar berbentuk koin plastik hitam.
3. Kembali ke peta, perhatikan lajur ke arah mana yang akan kita tuju. Tandai dengan bolpen. Lalu lihatlah dari mana kita pergi.
4. Lihat line nomer berapa yang harus kita ambil, dan lihat warnanya, dan arah stasiun terakhir di line itu. Jangan sampai terbalik ya.
5. Kalau ada persimpangan dan harus berpindah kereta ke warna lain ingat-ingat di stasiun mana kita akan berpindah dan ke arah mana.
6. Persimpangan antar line biasanya kita mungkin harus berjalan agak jauh untuk mencapai line nomer lainnya. Tapi sangat mudah karena kita tinggal menengadah ke atas dan memperhatikan tanda panah dan nomor line ke arah mana kita harus berjalan.
7. Setelah sampai di rujuan, jangan lupa masukkan tiket koin hitam itu slot yang tersedia untuk membuka pintu.
Nah gampang kan …

Satu lagi juga kebanyakan pusat-pusat perbelanjaan seperti Beijing Lu dan Yidu Lu akan berada dalam satu line. Jadi akan memudahkan kita untuk berpindah tempat dengan cepat.

Selamat berjalan-jalan dengan MRT di Guangzhou.