Daerah-daerah berikut ini merupakan destinasi lain di Singapore yang bisa kita kunjungi, selain destinasi wisata juga merupakan daerah ok untuk berfoto-foto.

City Hall & sekitarnya, merupakan kompleks pertokoan besar, di daerah ini juga kita bisa mengunjungi Funan digital park tempatnya barang-barang elektronik seperti komputer dan gadget, juga banyak sekali interior perlengkapan kantor. Sementara di City Hall sendiri lebih banyak berisikan toko-toko pakaian, aksesories, toiletries, dan restoran. Ada beberapa toko kue yang enak disana.

Harbourfront dan sekitarnya, merupakan daerah dipinggir laut dan merupakan gerbang pelabuhan internasional. Dekat sekali dengan Universal Studios, dan juga kompleks pertokoan lainnya disini, antara lain di Harbourfront complex sendiri dan juga Vivocity. Vivocity pusat perbelanjaan lainnya yang besar disana, kebanyakn berisi pakaian, sepatu, elektronik, perlengkapan bayi dan anak-anak, berbagai restoran dan juga kalau dulu ada toko buku besar Page One, sayang sekali sudah tutup sekarang. Padahal koleksi buku new agenya asik disana. Kita bisa foto-foto syantik di luar area pelabuhan ini. kalu mau berjalan-jalan sepanjang pantainya yang bersambung dengan Vivocity juga bisa.

Bugis Junction dan sekitarnya. Bugis Junction lebih ditujukan ke pasar anak muda. Selain ada dept store disini. Naiklah ke lantai paling atas untuk melihta produk-produk Jepang yang kadang didiskon banyak. Kalau lapar turunlah ke area basement, disana selain bersambung dengan MRT, juga letaknya foodhall. Waduh segala macam makanan murah tersedia disana. Mungkin kalau di kita kaki lima ya, kalau di sana ditata sedemikian rupa berupa los-los kecil di satu area, sehingga kita bisa berputar untuk memilih berbagai makanan. Bugis Junction juga mempunyai area terbuka yang ditutup kaca fiberglass di atasnya, sepanjang jalan ini tersedia berbagai gerobak aneka jualan, jadi konsepnya kaki lima tapi jadi keren oce, Seharusnya Jakarta kalau mau menata PKL dibuat begini, jangan ditaruh di jalan. Disini juga bersambung gedung-gedung tua yang telah dirombak menjadi pusat perbelanjaan (kebanyakan baju-baju, toko stationeries, restoran dan gadget). Cantik sekali tempat, kalau mau foto disini boleh deh. Yang terbaru disini disambung dengan pertokoan di atas jalan raya bergabung dengan gedung di sebrangnya. Barangnya kebanyakan barang-barang untuk teenagers begitu.

Masih kurang ? Nah tinggal nyebrang ke area Rochor Road, di sini terdapat pusat oleh-oleh dari SIngapore, hati-hati ya. Bukan karena copet tapi bisa langsung bikin dompet kosong seketika, karena banyak penawaran barang dengan harga murah murah bergembira.

Kalau mau makan-makan hemat jangan di daerah tourist tapi carilah makan-makan di daerah pemukiman, kalau mau rajin banyak kok tersebar di dekat-dekat mall, cuma kita harus rajin blusukan saja. Ada banyak makanan dengan harga SGD$2-3 sudah kenyang.

Mau belanja banyak kebutuhan sehari-hari ? Belanjalah di daerah ini Little India,dan Serangoon Road. Ada Mustofa yang buka 24 jam, dan harganya aje gile miringnya. Disitu apa saja ada. Pokoknya kalau kesana harus membawa daftar belanja dulu.

Aturlah perjalanan wisata murah di Singapore menjadi paket 1,3, dan 5 malam. Perjalanan 1 hari bisa diperuntukkan newbie yang hanya ingin foto saja, atau wisata belanja saja. Perjalanan 3 hari mencakup beberapa spot terpenting di Singapore dan bisa digabung ke lebih dari 5 malam tidak disarankan karena teman akan mati kebosanan di Singapore. Eh bener loh. Kalau sudah tahu disana tidak banyak tempat sebetulnya. Aku saja kadang bolak balik pergi pagi, lalu hanya ke satu dua tempat, malamnya balik lagi, lumayan menghemat penginapan.

Jika ingin ke Universal Studios Singapore – kunjungi Vivocity dan Harbourfront. Bisa dikunjungi dalam satu hari yang sama. Di mal mal ini bisa menemukan beberapa toko unik yang tidak ada di Indonesia, seperti stationeries, National Geographics store, koleksi Best Denki barang-barang dari Jepang tapi sudah disesuaikan Singapore, Crocs salah satu toko terbesarnya ada disini. Sepatunya enak banget buat dipakai jalan.

Nah rasanya cukup ya petunjuk wistaa murah ke SIngapore. Selamat jalan-jalan.